Pengelompokkan Bidang Teknologi Informasi


Pengelompokkan Bidang Teknologi Informasi - Akhir-akhir ini saya mengalami kebingungan ketika harus mengelompokkan bidang teknologi informasi ke dalam kelompok-kelompok besarnya. Itu terjadi karena semuanya nampak besar dan penting, dari sisi pandang saya dalam hal ini. Setelah mencoba mematut-matut akhirnya diketemukanlah lima kelompok besar yaitu Brainware, Hardware, Software, Internet, dan Multimedia.

Brainware

Brainware adalah manusia, ia adalah dalangnya urusan. Ia yang bertindak sebagai subjek sekaligus objek dalam semaraknya bidang teknologi informasi. Dikatakan sebagai subjek karena manusialah yang memiliki cipta, rasa, karsa, perilaku, dan karya dalam melahirkan produk demi produk teknologi informasi.  Dikatakan juga sebagai objek karena manusia pulalah yang dijadikan sasaran atau tujuan. Ketika Mark Zuckerberg cs membangun Facebook, maka mereka bertindak sebagai subjek. Lalu yang menjadi objeknya adalah kita. Andaipun di facebook berseliweran gambar hewan, tumbuhan, dan benda-benda lainnya maka semua itu ditujukan kepada sesama manusia.

Dalam terminologi luas maka siapapun manusianya yang terlibat dalam kesemarakkan teknologi informasi maka ia digolongkan sebagai brainware. Maka berdasarkan prinsip tersebut yang termasuk brainware adalah para pembuat peralatan teknologi informasi, para pembuat hardware, para programmer, para penjual produk teknologi informasi, para pembeli, dan tentunya para user. Semuanya berinteraksi secara sistemik dan berkesinambungan. Dan hal ini pulalah yang menjadi salah-satu faktor pemicu semakin canggih dan berkembangnya teknologi informasi.

Hardware

Hardware atau perangkat keras adalah bagian dari teknologi informasi yang berkarakter mekanis sehingga bisa diindera langsung oleh manusia. Hardware sebagaimana yang kita kenal adalah bersifat mekanis meskipun tergolong barang elektronik, bukan barang mekanik. Peralatan seperti server, personal computer, notebook, dan gadget adalah contoh perangkat utama. Mereka bisa dioperasikan secara mandiri oleh manusia atau brainware tadi. Kemudian selain hardware-hardware mandiri tersebut ada pula yang digolongkan sebagai peripheral yang artinya hanya bisa dioperasikan jika digabung dengan perangkat utama. Pada kelompok peripheral ini contohnya adalah printer, scanner, multimedia speaker, webcam, multimedia projector, dan peralatan networking.

Selain perangkat utama dan peripheral, kitapun mengenal hardware yang dikelompokkan sebagai komponen. Mereka baru bisa bekerja jika dirangkai satu sama lain dengan konfigurasi tertentu sebagai syaratnya. Pada kelompok ini kita mengenal adanya motherboard, processor, ram, dan sejenisnya. Sebenarnya masih ada yang lebih kecil lagi seperti chip, transistor, resistor, condensator, coil dan lain-lain. Itu tidak saya masukkan sebagai komponen karena sudah berbeda ranah. Mereka berada di ranah teknologi elektronika. Jika tidak ada pembatas yang tegas maka saya akan kembali pusing. Hehehe.

Software

Berbeda dengan hardware yang lebih bersifat mekanis, maka software atau perangkat lunak ini lebih bersifat elektris. Secara umum saat mereka bekerja tidak nampak langsung barangnya tetapi nampak gejala-gejalanya saja. Bila sebuah personal computer bekerja, maka kita dengan mudah bisa melihat layarnya, keyboardnya, chasingnya, dan mousenya. Kemudian relatif mudah pula, disebut relatif karena memerlukan sedikit usaha, bagi kita untuk melihat harddiks-nya, motherboard-nya, processor-nya. 

Contoh-contoh software adalah operating system, program, source code, cms, template, dan bahasa pemrograman seperti delphi, pascal, c++, vb, javascript, asp, aspx, php, html, xml, dan text. Software-software tersebut source-nya tidak bisa diindera langsung saat bekerja. Seperti telah disebutkan di atas, mereka hanya bisa dilihat gejala-gejalanya saja yang nampak pada perilaku hardware. Ketika operating system bekerja, maka yang bisa kita lihat adalah gejala-gejalanya yang nampak pada layar monitor pc. Maka kita bekerja berdasarkan gejala-gejala tersebut. Kita operasikan mereka dengan cara tertentu sehingga muncul gejala tertentu pula.

Internet

Internet atau internasional networking adalah bagian dari teknologi informasi yang bisa menghubungkan manusia satu sama lain melalui email, social media, website, web application, dan blog. Dan bila kita bermaksud menghemat definisi, maka cukuplah dengan mengatakan bahwa internet adalah bagian dari teknologi informasi yang bisa menghubungkan banyak manusia melalui web application.

Benar, cukup menyebutkan web application saja karena baik email, social media, messenger, website, dan blog semuanya menjadi bagian serta menggunakan web application. Sebenarnya web appication ini bisa digolongkan sebagai software, tetapi melihat kedekatannya saat difungsikan maka ia digolongkan sebagai bagian dari internet. Maka dari sisi praktikalnya istilah-istilah seperti domain, hosting, Facebook, Gmail, Blogger, adalah bagian dari internet.

Multimedia

Dilihat dari istilahnya maka jelas sekali jika multimedia ini adalah beragam media yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Dan tidak hanya online seperti internet tetapi juga offline dan on air. Sebenarnya bisa saja internet sendiri dimasukkan sebagai bagian dari multimedia, tetapi karena cakupan internet sekarang ini semakin meluas, bukan hanya sekedar untuk membuka email dan browsing di website statis, maka internet dikelompokkan terpisah dari multimedia.

Karena yang bersifat online telah dimasukkan sebagai bagian dari internet, maka multimedia mencakup yang offline, off air dan on air-nya saja. Adapun cakupannya adalah meliputi media lewat suara, gambar, tulisan, dan film. Maka spanduk, pamflet, selebaran, koran, majalah, tabloid, hasil rekaman, papan reklame, baliho, radio, dan televisi adalah termasuk multimedia.

Dengan adanya pengelompokkan seperti ini semoga saja penyakit pusing saya berkurang.  Dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita. Hehehe!

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: