Cara Mengurangi Ukuran Gambar Secara Maksimal Tanpa Mengurangi Kualitas

Secara Online


Bila kita menggunakan Google Page Insight, maka sangat mungkin muncul anjuran agar melakukan minimalisasi atau kompresi pada beberapa gambar. Yang namanya saran tentu saja boleh diikuti boleh juga tidak, bukan? Hehehe. Dan bila diikuti tentu saja akan memberikan dampak yang baik pada kecepatan akses website atau blog. Hehehe.

Dalam sebuah website atau blog mungkin saja ada beberapa jenis gambar menurut level akses sang webmaster terhadapnya. Jenis-jenis gambar tersebut adalah :
  1. Jenis full access image, artinya gambar-gambar yang ada benar-benar bisa dikontrol secara penuh. Pada gambar jenis ini sang webmaster bisa mengubah ukuran dan bermacam edit lainnya. Jenis ini umumnya didapat bila menggunakan self hosting.
  2. Jenis semi full access, artinya gambar-gambar yang ada tidak sepenuhnya bisa dikontrol. Contohnya adalah pada Blogger. Pada Picasa Web Album misalnya, kita tidak bisa menentukan external url dari gambar-gambar yang ada terkecuali yang telah ditentukan oleh Picasa sendiri.
  3. Jenis restrict access, artinya gambar-gambar tersebut hanya bisa diterima apa adanya, tidak bisa diedit. Misalnya saja pada gambar-gambar yang berasal dari external source.
Apa yang akan kita bahas ini adalah yang terkait dengan poin 1 dan poin 2. Dan caranya sangat sederhana, yaitu lakukan kompresi pada gambar sebelum kita menguploadnya.

Banyak cara untuk mengkompresi gambar baik secara offline (menggunakan software) atau secara online. Dan dari beberapa cara yang pernah saya coba, maka cara online menggunakan link ini : Image Compression.  adalah yang terbaik. Yang bisa dikompresnya adalah png, jpeg, dan pdf. Dan ini sudah sangat cukup karena saya hanya menggunakan gambar dengan ekstensi jpeg serta png.

Hasil kompresinya sangat baik, yaitu pengurangan ukuran bit yang signifikan tanpa mengurangi ukuran dimensi dan kualitas. Gambar-gambar yang saya kompres secara online di sana selalu lolos uji dari Google Page Insight.


Menggunakan Software


Berhubungan dengan kirim-mengirim gambar melalui email, atau memasangnya di website/blog, maka kita dituntut untuk memperoleh ukuran gambar sekecil mungkin tanpa mengurangi kualitasnya. Dan bila ada pengurangan kualitas, maka mata manusia tidak mampu mendeteksinya.

Software Fileminimizer merupakan salah-satu yang terbaik dalam hal mereduksi ukuran gambar. Kemudian hasil reduksinya nampak tidak mengurangi kualitas.

Berikut ini penulis akan menjelaskan cara menggunakan Fileminimizer.

Pertama


Setelah Fileminimizer terinstal, klik Option dan pilih Strong Compression. Opsi ini adalah yang paling tepat untuk keperluan mengirim gambar via email atau memasangnya di website/blog.

Kedua


Buat sebuah folder baru pada direktori kerja anda. Dalam contoh di atas saya membuatnya di D:\MINIMIZER. Klik Option >> Configuration >> Output Folder. Kemudian pilih folder yang anda buat tadi. Nanti gambar-gambar hasil kompresi akan masuk pada folder ini.

Ketiga


Klik Open Files kemudian pilih gambar-gambar yang akan anda kompres. Anda boleh memasukkan lebih dari satu gambar.

Keempat


Gambar-gambar terpilih akan muncul seperti contoh di atas. Kemudian klik Optimize File.

Kelima


Lihatlah, hasil akhirnya seperti contoh di atas. Rasio ukuran gambar, atau prosentase reduksi, antara sebelum dan sesudah kompresi adalah tergantung juga pada ukuran gambar di awal. Semakin besar ukuran gambar sebelum dikompres maka akan semakin besar prosentase reduksinya.

Fitur yang ada pada Fileminimizer 3.0 adalah :
  1. Mampu mengompres atau mengecilkan ukuran gambar hingga 98%. Saya mencoba mengompress gambar 10 MB menggunakan FILEminimizer Pictures 3.0 ini dan menghasilkan output ukuran gambar hanya menjadi 0,2 MB dengan kualitas yang tetap terjaga.
  2. Mendukung hampir semua format gambar dan foto populer,
  3. Menjaga format original dari foto atau gambar,
  4. Bisa mengompres banyak foto sekaligus dengan fitur batch compress,
  5. Ada 4 pilihan kompresi yang berbeda yang bisa dipilih sesuai kebutuhan anda,
  6. Sudah terintegrasi dengan Facebook sehingga bisa dengan mudah mengupload foto anda ke facebook setelah proses kompresi selesai,
  7. Memiliki fitur search yang bisa anda gunakan untuk mencari foto anda dengan mudah,
  8. Mudah dalam mengompres foto, cukup drag and drop saja

Bila anda tertarik untuk mencoba atau menggunakan Fileminimizer 3.0 maka silahkan mencari file sumbernya dengan memanfaatkan search engine.





IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.