Pentingnya Mengenal Jenis-Jenis Akun di Media Sosial


Untuk memahami apa yang disebut media sosial, anda bisa membaca artikel saya yang berjudul Pengertian Media Sosial dan Implementasinya. Dan kini saya akan membahas tentang jenis-jenis akunnya.

Pembaca yang budiman, produk teknologi akan selalu terasa canggih pada jamannya, dan karena kita hidup di abad digital maka yang sekarang tergolong canggih berdasarkan fungsi praktisnya adalah internet. Di internet ini salah-satunya kita akan menemukan jejaring sosial atau media sosial. Lalu bagi anda yang aktif di sana tentu memiliki apa yang disebut akun.

Merupakan hal yang penting bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis akun. Dengan demikian pada gilirannya nanti akan bisa membedakan jenis-jenis akun yang ada. Dan ketika sudah sampai pada tahap mampu membedakan, maka resiko-resiko terkena penipuan di dunia maya misalnya, akan mampu dihindari.

Akun Asli


Yang dimaksud dengan akun asli adalah yang memenuhi kriteria sebagai berikut :

Menggunakan nama asli,

Pada direktorinya terdapat foto-foto asli sang pemilik akun. Mungkin saja pada profilnya ia tidak memasang foto dirinya, tapi pada album atau direktorinya tadi terdapat foto-foto diri asli dari yang bersangkutan,

Memiliki satu data asli atau lebih, dan data tersebut bersifat major, yang merupakan kunci untuk mengetahui kesejatian sang pemilik akun. Misalnya saja ketika ia mencantumkan tempat bekerja secara benar. Dan dengan hanya mengetahui dimana ia bekerja, maka kesejatian si pemilik akun tersebut bisa ditelusuri. Ini contoh akun asli.

Akun Alias


Akun alias itu persis sebagaimana akun asli, hanya saja tidak menggunakan nama asli sebagai nama profil. Yang digunakan adalah nama alias, sebutan, panggilan, atau nickname.

Akun alias sering dipermasalahkan oleh mereka yang masih berwawasan minim dalam hal menggunakan jejaring sosial. Berwawasan minim meskipun mungkin telah lama ber-Facebook misalnya. Karena minim atau luasnya wawasan tidak selalu berbanding lurus dengan waktu.

Bagi mereka yang telah cukup lama malang-melintang di jejaring sosial, sekaligus memiliki wawasan yang luas, akun alias tidak akan dipermasalahkan. Karena pada prinsipnya ada satu data saja tentang pemilik akun, yang bisa dideteksi kebenarannya, maka sesungguhnya itu adalah keterbukaan dari sang pemilik akun alias tersebut.

Sebagaimana akun asli, akun alias dapat dipertanggungjawabkan saat melakukan otorisasi di internet. Jadi sekali lagi, bagi yang sudah lama berkecimpung di jejaring sosial dan cukup berwawasan, penggunaan akun alias tidak akan dipermasalahkan. Ini contoh akun alias.

Akun Palsu


Akun palsu adalah akun yang mengaku-aku sebagai seseorang, dan seseorang itu nyata keberadaannya. Cukup banyak yang mengaku-aku sebagai tokoh, artis, atau pesohor. Ia memasang nama dan foto sang tokoh, mungkin terdorong oleh keisengan atau untuk maksud lain. Pada awalnya akun-akun palsu itu cukup ampuh untuk membohongi publik, terutama publik yang baru mengenal jejaring sosial. namun sekarang tidak lagi ampuh karena banyak yang melek. Ini contoh akun yang saya perkirakan palsu.

Akun Fiktif


Akun fiktif adalah akun yang kesemua datanya adalah rekaan. Juga tidak mengaku-aku sebagai seseorang sebagaimana yang terjadi pada akun palsu. Akun fiktif biasa digunakan untuk melakukan scamming atau penipuan. Misalnya saja seseorang mengaku bangsa asing yang berprofesi sebagai pilot di sebuah maskapai. Mungkin saja ia menggunakan foto orang lain tapi tidak dengan namanya. Untuk nama ia mengarang sendiri. Lalu ia merayu pengguna jejaraing sosial yang bersegmen awam. Ya, karena jika ia merayu pengguna jejaring sosial yang melek tidak akan mempan. Yang banyak tertipu oleh akun fiktif ini adalah kaum wanita.

Akun Siluman


Adalah sebuah akun di jejaring sosial yang nyaris tidak menampilkan data sama sekali terkecuali nama akunnya. Dan nama akun itupun tidak bisa diverifikasi kesejatiannya. Akun jenis ini biasanya dibuat untuk kegiatan vandalis.

Sahabat semua, itulah lima jenis akun yang ada di belantara maya. Adapun tujuan dari penulisan artikel ini tiada lain adalah untuk berbagi kepada mereka yang merupakan pendatang baru, atau yang belum memahami, beberapa konsensus yang telah lama berlaku di jagat maya.

Di antara para pendatang baru di jejaring sosial, ataupun yang sudah relatif lama, terkadang ada yang mempermasalahkan mengapa seseorang menggunakan nama alias. Tidak hanya sebatas mempermasalahakan tapi hingga menyalahkan. Dan penyebabnya sangat mungkin karena mereka belum paham tentang beberapa konsensus tadi. Atau belum paham tentang jenis-jenis akun.

Membahas hal yang berkaitan dengan media sosial memang menarik. Dan topik lain yang pernah saya bahas adalah berjudul Euforia Facebook Sudah Lama Lewat. Silahkan jika anda berkenan membacanya.

Untuk para pemula di jejaring sosial, atau yang masih berwawasan pemula meskipun telah cukup lama berkecimpung di media sosial, mungkin perlu juga membaca artikel yang berjudul Tips Untuk Pemula Di Jejaring Sosial.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

6 comments: