Dari Mana Seharusnya Kita Belajar Tentang SEO?

Berkali-kali saya menemukan tutorial tentang SEO yang sangat meyakinkan, mulai dari judul hingga uraiannya. Beberapa di antaranya berasal dari website atau blogger yang sudah saya kenal dan terbukti ampuh. Namun tidak sedikit pula dari yang baru saya kenal dari search engine.

Sebagai orang teknis, tentu saya melakukan sedikit uji materi dulu, tidak menelan mentah-mentah isi artikel atau paparan tersebut. Pengujian yang sederhana-sederhana saja seperti :

Berapa jumlah artikel yang telah ditulis oleh si empunya blog atau website,
Apakah artikel-artikel tersebut orisinil atau hasil copas,
Dan terakhir minimal memeriksa berapa Alexa Rank web atau blog tersebut.

Yang nomor (3) itu adalah minimal, dan jika sedang tidak malas maka PA, PR, dan DA-nya sekalian saya cek. Nah dari pengecekan ini jadi sering senyum-senyum sendiri. Oh ya, biasanya saya lebih mengutamakan membuka website. Atau kalau membuka blog maka yang menggunakan TLD-lah yang saya prioritaskan.

Bagaimana tidak tersenyum-senyum sendiri bila ada blog yang sudah berusia dua tahun, memiliki banyak artikel, tetapi Alexa Rank-nya masih belasan juta. Lalu dengan penuh percaya diri penulisnya menjelaskan soal SEO bak seorang pakar. Bahkan pada blog-blog barupun cukup sering menemukan yang pede habis seperti itu.

Dari beberapa temuan itu saya bisa menyimpulkan bahwa apa yang mereka tulis bukanlah sesuatu yang mereka terapkan, atau sudah diterapkan tetapi gagal. Dan bila benar telah diterapkan tetapi hasilnya tidak memuaskan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa teori-teori yang mereka tulis itu sejatinya adalah bukan teori yang shahih. Bisa jadi hanya meniru dari artikel orang lain, lalu disusun dengan bahasa sendiri, tanpa mempraktekannya terlebih dahulu.

Sebagai seseorang yang hingga kinipun merasa masih harus belajar, termasuk dalam urusan SEO, maka saya sangat berhati-hati untuk mengikuti suatu tutorial. Bila rujukannya tidak jelas, terlebih bila kinerja blog dari si penulis sendiri nampak belum maksimal, maka tutorial-tutorial tersebut saya tinggalkan. Benar-benar saya tinggalkan tanpa mengujinya terlebih dahulu Menguji di sini salah-satunya adalah dengan cara menerapkannya pada sebuah blog dummy.

Maka berkaitan dengan SEO, referensi pembelajarn yang saya ambil, tentulah yang langsung dari Google. Dan sebenarnya sudah cukup lama Google menerbitkan e-book tentang SEO ini.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: