`

Membasmi Kutu Kucing Secara Mudah Murah Ampuh Aman


Membasmi kutu kucing secara mudah, murah, ampuh dan aman dapat anda lakukan sendiri jika karena satu dan lain hal tidak dapat menggunakan jasa dokter hewan.

Kutu kucing memang harus diberantas agar si kucing sehat. Dan ketika ia dalam keadaan sehat, maka kita sebagai tuannya tentu akan senang.

Induk kucing bisa puluhan kali menjilati anak-anaknya dalam sehari semalam. Dan itulah cara mereka mengurus kebersihan Permasalahannya ada kasus-kasus langka dimana kutu-kutu tersebut seperti kebal terhadap air liur kucing. Jika kutunya sedikit, maka air liur induknyapun akan ampuh membunuh kutu. Nah kalau kutunya banyak dan kebal bagaimana?

Beberapa kali saya menemukan anak kucing yang disela-sela keceriaannya menunjukkan gejala aneh. Mereka menggeram-geram khas anak kucing, terus sibuk menggaruk-garuk tubuhnya dengan keras, sampai berguling-guling di tanah. Dan penyebabnya tiada lain adalah kutu di tubuh mereka amat banyak.

Sumber Penularan


Kutu yang ada pada tubuh anak-anak kucing tentulah datang dari induknya. Dengan demikian bila ingin mengobati mereka maka haruslah satu paket, yaitu bersama-sama dengan induknya.

Ketika berumur sebulan, atau sejak mata mereka melek, maka hanya ada 4 pihak yang dianggap dekat oleh anak-anak kucing. Mereka adalah si induk, saudara-saudaranya sekelahiran, manusia yang merawatnya atau minimal suka mendekati mereka, dan ayahnya. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya hingga usia persapihan, anak-anak kucing itu bisa cukup dekat dengan ayahnya. Dan bila mereka terus tinggal di areal yang sama maka kedekatan tersebut berlangsung hingga dewasa.

Memang, ada kasus-kasus dimana si ayah mau memakan anaknya, tapi itu ketika mereka masih bayi merah. Dan itupun tidak selalu terjadi. Bahkan ketika memasuki minggu ketiga usianya, anak-anak kucing itu boleh dikatakan aman terhadap resiko dimakan oleh induk jantannya. Ya, kita sebut saja sebagai induk jantan bila disebut ayah terlalu sopan atau tidak layak bagi binatang.

Kedekatan anak kucing terhadap ayahnya tentu berbeda dengan kedekatan terhadap induknya baik dalam kadar maupun bentuk. Bila diibaratkan manusia, kedekatan anak kepada induknya adalah dilandasi kasih sayang, sementara kedekatan kepada ayahnya lebih didasari oleh hubungan baik.

Bila kita menemukan ada dua kucing jantan yang akur ketika bertemu, maka hampir dapat dipastikan bahwa mereka memiliki pertalian darah. Entah sebagai ayah-anak atau sebagai saudara.

Bukan sekali dua saya melihat betapa si ayah ini mau mengalah pada anak-anaknya ketika ia diberi jatah makan. Atau bahkan sesekali ia membawa makanan hasil buruan untuk anak-anaknya. Maka dari kedekatan-kedekatan ini yang paling mungkin menularkan kutu pada anak kucing adalah induknya terutama, dan juga ayahnya meskipun tidak tidak intens..

Teknis Memberantas Kutu Kucing


Tidak sebentar saya mengurus kucing, 30 tahun lebih. Jika kucing banyak kutunya maka saya usapi dengan air jeruk nipis. Sekarang jika tidak ada jeruk nipis ya menggunakan Dettol pencuci tangan.
 
Si Qimy garuk-garuk terus dan seperti emosional, saya tahu dari geraman-geramannya yang khas anak kucing. Kebetulan tidak ada jeruk nipis, jadi tadi siang diusapi air yang telah dicampur Dettol. Kemudian sebelum tidur diulangi sekali lagi.

Alhamdulillah malam ini dia tidur nyenyak. Tidak lagi sering garuk-garuk.



Di kota kecil tempatku tinggal tidak ada dokter hewan, petshop juga banyak yang gulung tikar. Jadi sebisa-bisanya saja berdasarkan pengalaman.

Untuk memandikan kucing atau anak kucing berkutu maka campurkan 2 - 10 sendok makan air jeruk nipis, atau 1 - 2 sendok makan Dettol pencuci tangan, pada segelas air. Lalu usap-usapkan air tadi ke tubuh kucing, bisa menggunakan lap ataupun langsung dengan tangan. Biasanya kutu kucing banyak terkonsentrasi di leher dan sedikit di atas perut, maka pada bagian-bagian itu perlu agak kuyup.

Bila menggunakan jeruk nipis anda bisa membuat campurannya agak pekat, misalnya 10 sendok air jeruk nipis yang dicampur segelas air, maka jika menggunakan Dettol harus hati-hati. Cukup maksimal 2 sendok makan Dettol saja untuk segelas air, jangan lebih pekat dari itu.

Pada umumnya kucing takut pada cipratan, siraman, atau guyuran air. Tetapi bila air itu diusapkan perlahan-lahan dan sedikit-sedikit maka mereka akan jauh lebih bisa menerima.

Cara Yang Lain


Ada yang pernah bertanya pada saya, apakah minyak sayur yang dicampuri kapur barus bisa digunakan untuk memberantas kutu kucing juga? Tidak segera saya jawab tetapi mencoba dulu.

Saya ambil dua sendok makan minyak goreng, saya mengasumsikan bahwa yang dimaksud minyak sayur olehnya adalah minyak goreng, terus saya tumbuk halus 1 butir kamper ukuran kecil yang sebesar permen, kemudian keduanya dicampurkan.

Sebelum dicoba ke kucing, saya coba dulu ke kulit sendiri. Ada reaksi dimana si kulit terasa hangat, tapi hanya sebentar. Terus saya coba ke kucing jantan, ekornya. Dan ia nampak biasa-biasa saja ketika ujung ekornya itu belepotan oleh minyak goreng yang telah dicampur kamper tadi.

Karena si Qimy sudah jarang garuk-garuk, maka saya mencari anak kucing yang lain. Ketemu seekor yang jinak, kira-kira umur 5 bulanan. Hanya seekor itu yang jinak, karena anak-anak kucing yang lain ketika saya hampiri malah pada ngibrit. Haha, namanya kucing tidak ada yang memelihara ya banyaklah kutunya. Terus saya membuat lagi campuran tadi agak lebih banyak. Setengah gelas minyak goreng dengan kamper 8 butir.

Rupanya lain manusia lain pula dengan kutu. Saat terkena campuran itu mereka malah pada berusaha keluar dari balik bulu-bulu si kucing, dan tidak lama kemudian diam, mati!

Sedikit agak repot karena si kucing tidak mau menjilati minyak yang menempel di tubuhnya itu. Mungkin karena ada rasa kamper ya. Hehehe.

Ternyata ampuh tuh kapur barus. Urusan saya harus mengelap kucing hingga bersih dari minyak, bukan masalah. Pakai air hangat dicampur sabun maka selesailah, si kucing bersih kembali.

Masih terkait dengan kucing, saya memiliki beberapa artikel lainnya yaitu yang berjudul Cara Mengurus Bayi Kucing Yang Ditinggalkan Induknya serta Kucing Yang Tidak Sungkan Pada Manusia.

Kemudian bila anda menemui kesulitan pada saat memberikan suplemen pada kucing, mungkin artikel saya yang berjudul Agar Kucing Lucu Anda Mau Minum Atau Makan Suplemen bisa menjadi inspirasi.

Memberantas kutu kucing secara mudah murah ampuh aman tentulah tidak melibatkan jasa seorang dokter hewan, karena ketika kita menggunakan jasa seorang dokter hewan maka secara lazim akan dikenakan tarif yang tidak murah.

Iklan Ini Bukan Bagian Dari Artikel

No comments:

Iklan

Lowongan Kerja

Hot Info

Hot Info

Kontes seo nahwa travel

Hot Info

Kontes SEO terbaru MelamineMall.com

Hot Info

Kontes SEO Gloria

Hot Info

NISSAN X-TRAIL, MOBIL SUV PALING TANGGUH DAN NYAMAN

Hot Info

asport

Hot Info

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Arsip