Cara Blogwalking Yang Efektif Untuk Meningkatkan Popularitas Dan Trafik Blog Atau Website

Cara blogwalking yang efektif untuk meningkatkan popularitas dan trafik blog atau website telah banyak diulas oleh para blogger lain, maka perkenankan saya untuk ikut memperkaya khasanah tersebut. Khasanah dimana wacana-wacana kita selama ini tentang tatacara blogwalking sangat mungkin telah sesuai dengan kepatutan, atau bahkan sebaliknya.

Saya pernah menulis artikel yang cukup panjang lebar tentang Dinamika Blogwalking Dan Berkomentar Di Dunia Maya, dan terkait dengan itu pada artikel ini saya bermaksud memberi pengayaan sebagaimana dimaksud di atas.

Blogwalking, untuk apa jika hanya menambah rasio pentalan atau bounch rate? Ini pertanyaan kunci yang menggiring kita pada sebuah pemahaman bahwa ada blogwalking yang menguntungkan serta ada pula yang merugikan. Kita bahas yang menguntungkan saja ya sekarang. Hehehe.

Di antara blogwalking yang menguntungkan adalah apabila memberikan dampak positif terhadap backlink alami kita. Dan yang dimaksud backlink alami adalah yang diperoleh dengan cara wajar, bukan hasil auto backlink made in mesin atau software. Mesin, koq mesin sih kayak mobil saja? Hehehe, bukan mesin mobil bro, tapi mesin yang berhubungan dengan internet tentu saja.

Backlink alami bisa diperoleh melalui pendekatan man to man (woman to woman juga boleh, hehe). Dan yang paling menggigit sebenarnya bukan hanya terbatas pada homepage tapi juga hingga artikel. Teknisnya adalah artikel yang saling berelevan di antara dua blog atau lebih di-link-an secara follow.

Ketika kita blogwalking secara serius, kemudian menemukan artikel yang relevan dengan artikel kita, maka dapat ditindaklanjuti dengan menghubungi si empunya. Kita ajak ia untuk linking satu sama lain. Dan teknisnya dengan anchor text misalnya.

Seberapa banyak kita bisa melakukan linking tersebut? Tentu ambil jumlah yang wajar dan proporsional. Juga hindari pola direct, yaitu yang langsung bertukar. Maksud saya begini :

Blog A punya artikel 1, 2, dan 3. Dan blog B mempunyai artikel 4, 5, dan 6. Serta keenam artikel ini saling relevan. Maka hindari pola 1 di-link ke arah 3 dan langsung dibalas 3 di-link ke arah 1. Jauh lebih baik bila saling-silang. Misalnya 1 di-link ke arah 3 dan dibalas oleh 6 di-link ke arah 1. Mengapa harus demikian? Hehehe, untuk menghindari kesan yang kasar di mata mesin pencari. Itu saja.

Okey bro, mari kita saling blogwalking secara menguntungkan. Silahkan kontak atau hubungi saya bila ada yang mau saling link artikel.

Demikianlah sedikit uraian saya tentang cara blogwalking yang efektif untuk meningkatkan popularitas dan trafik blog atau website

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: