Manual Backlink Yang Sebaiknya Dihindari Pada Website Atau Blog

Manual Backlink yang sebaiknya dihindari pada website atau blog tentulah yang sekiranya berdampak buruk atau merugikan. Dan hal ini sebenarnya bisa dianggap relatif tergantung dari kebutuhan mana kita melihatnya.

Manual Backlink Yang Sebaiknya Dihindari Pada Website Atau Blog

Ketika anda tidak terlalu memerlukan peran search engine, khususnya Google, dalam urusan tata kelola website atau blog, maka artikel saya ini bisa diabaikan. Tapi bila anda sangat berhajat pada peran Google, maka mau tidak mau kita harus tunduk pada aturan mereka. Dan apa yang akan saya uraikan ini adalah ketika paradigma kita disesuaikan dengan apa-apa yang telah digariskan oleh Google.

Apakah yang dimaksud dengan manual backlink itu? Begini, ketika kita menambahkan link suatu blog sebagai atau ke reciplocal link, misalnya saja dalam rangka membuat pertukaran link dengan sesama blogger atau webmaster, maka itulah yang disebut manual backlink. Nah, pada manual backlink inilah kita harus berhati-hati dalam memilih partner. Beberapa website atau blog yang buruk bila dijadikan partner link adalah :

Yang Bertindak Membingkai Situs Lain Dalam Situsnya Sendiri

Hal ini umum terjadi pada blog-blog yang menyediakan download gratis. Contoh kasus : Sebuah blog menyediakan link untuk mendownload Open Office. Link tersebut diarahkan ke situs resmi penyedia Open Office. Dalam kondisi seperti ini sebuah blog atau website dapat dikatakan sebagai sedang atau menjalankan praktek membingkai situs resmi penyedia Open Office.

Kondisi tersebut berlaku pula pada blog-blog yang menyediakan link download untuk mp3, movie, gambar, game, dsb. Meskipun semuanya gratis disediakan oleh penyedia, tetapi menyalahi kaidah atau kebijakan Google bila kita membingkainya.

Situs-Situs Yang Menyediakan Ilegak Content

Contoh situs seperti ini adalah yang menyediakan crack, keygen, patch, dan sejenisnya yang umum digunakan untuk mengaktivasi suatu software secara ilegal.

Situs-Situs Berkonten Dominan Hasil Copy-Paste

Situs jenis inipun akan membawa pengaruh buruk pada situs lain yang di-link padanya. Mereka akan dianggap sekomplotan atau setali tiga uang.

Situs-Situs Yang Banyak Menggunakan Tangkapan Layar Produk Google Dan Mitranya

Banyak situs yang menyediakan tutorial tentang Blogger dan Youtube. Pada tutorialnya tersebut mereka menyertakan hasil tangkapan layar atau screenshot dari kedua mitra Google tersebut. Hal ini ternyata tidak diperbolehkan oleh Google terkecuali ada ijin. Dan mengurus ijinnya ini tentu tidak mudah.

Situs-Situs Yang Provokatif, Vulgar, dan Menunjukkan Kekerasan

Dari pengamatan saya, sudah banyak situs-situs jenis ini, termasuk situs-situs pendukung suatu golongan dan atau parpol di Indonesia, yang mengalami banned Google Adsense. Hal ini sangat mungkin karena mereka dinilai provokatif.

Pelajari Saja Kebijakan Google

Apa yang saya tulis ini hanyalah resume dari sebagian kebijakan Google yang pernah saya pelajari. Akan lebih baik bila anda mempelajarinya sendiri karena akan lebih lengkap dan detail.

Manual Backlink pada website atau blog adalah sebuah hal yang sepatutnya mengundang kehati-hatian bila kita ingin membangun backlink dengan sesama blogger atau webmaster. Dan bila sekedar ngelink ke situs-situs sebagaimana tersebut di atas saja sudah merugikan bagi kita maka akan lebih parah lagi jika kita bertindak langsung sebagai pelaku atau pemilik situs-situs tersebut.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

2 comments: