Mencegah Penularan Virus Komputer Via Media Portabel

Virus Komputer adalah malware yang menyerang file eksekusi (.exe). Virus menyerang dan menggandakan diri ketika file exe yang terinfeksi dijalankan. Virus komputer menginfeksi dan atau menyebar dengan cara menyisipkan dirinya pada program, file, atau dokumen yang ada di dalam komputer.

Cara virus menginfeksi komputer bermacam-macam, salah-satunya adalah melalui fitur autoplay yang disediakan oleh Operating System Komputer. Secara default fitur ini aktif, dengan demikian saat kita memasukkan flashdisk, external harddisk, cd, atau dvd maka akan terbuka sebuah popup folder.

Dari sisi kegunaan, fitur autoplay ini bukan sesuatu yang urgent atau mandatory. Artinya tanpa mengaktifkan fitur inipun kinerja komputer tidak akan terganggu. Dan jika aktif malah menjadi riskan ketika justru dimanfaatkan oleh virus untuk mengeksekusi dirinya. Maka demi menutup salah-satu celah keamanan komputer, fitur ini sebaiknya dinonaktifkan.

Berikut adalah cara menonaktifkan fitur autoplay.



Arahkan mouse cursor ke Start di pojok kiri bawah dan setelah muncul menu maka klik Run.



Ketik gpedit.msc pada combo box lalu klik Ok



Akan tampil panel untuk mengatur Local Group Policy Editor untuk Local Computer Policy. Terbagi menjadi dua menu utama yang simetris yaitu Computer Configuration dan User Configuration.



Pada Computer Configuration klik Administrative Templates  --> Windows Components -- > Autoplay Policies. Pada menu di bagian kanan, silahkan double klik pada Turn Off Autoplay.



Pilih Enabled lalu Ok. Lalukan hal yang sama untuk Disallow Autoplay for non volume devices.

Tadi telah disebutkan bahwa Computer Configuration dan User Configuration adalah simetris. Maka agar settingan kita semakin aman, selain pada Computer Configuration, lakukan pula pada User Configuration.

Untuk menguji apakah settingan di atas sudah berfungsi atau belum, masukkan flashdisk. Bila tidak memunculkan popup folder berarti sudah bekerja.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

2 komentar

haha...ok nih jadi laptop ane bisa tambah anti virus.....

Dengan membaca artikel anda, pemahaman saya tentang komputerisasi menjadi bertambah.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Lembaga Pengembangan Komputerisasi yang bisa anda kunjungi di www.lepkom.gunadarma.ac.id

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.