Pengertian Artikel Orisinil Dan Kegunaannya


Dalam iklim yang kurang kondusif terhadap perlindungan hak cipta di Indonesia, menyajikan artikel semacam ini mungkin terkesan idealis namun sesungguhnya tidak demikian. Bukankah menyajikan sesuatu yang tidak melanggar hak cipta adalah suatu kepatutan?

Pengertian


Saat ini anda sedang membaca artikel pada sebuah blog, sebuah artikel yang ditulis secara orisinil berdasarkan kaidah-kaidah dan konsensus-konsensus yang umum berlaku.

Artikel orisinil adalah artikel yang sekurang-kurangnya memenuhi kaidah sebagai berikut :

Bukan merupakan hasil copy-paste. Dan kalaupun mengandung hasil copy-paste, maka itu hanya digunakan pada kalimat-kalimat atau paragraf-paragraf rujukan dengan tetap mencantumkan link sumber.  Prosentasi hasil copy-paste yang diijinkan tidak lebih dari 10% dari keseluruhan konten.

Hanya memuat gambar-gambar, foto-foto, atau video-video asli milik si penulis. Kalaupun memuat milik orang lain, harus ada ijin secara tertulis.

Memiliki redaksional yang unik sekurang-kurangnya 75% dari seluruh konten. Persamaan-persamaan redaksional dengan tulisan orang lain hendaklah timbul bukan karena kesengajaan.

Kegunaan


Artikel orisinil dibuat untuk kegunaan atau tujuan menghindarkan diri dari pelanggaran-pelanggaran hak cipta. Dan hal ini menjadi krusial manakala semakin banyak orang, terutama produsen, yang sadar pada perlindungan hak cipta. Sebuah kesadaran yang membuat mereka tidak segan-segan melakukan teguran, gugatan, bahkan hingga tuntutan terhadap pihak-pihak yang membajak atau menjiplak.

Menjadi semakin kuat tekanan kepada pihak pembajak atau penjiplak manakala institusi sebesar Google bertindak tidak main-main dalam hal memberi perlindungan hak cipta.

Dalam dunia website dan blog saat ini dikenal istilah DMCA. DMCA atau Digital Millenium Copyright Act adalah sebuah perlindungan terhadap hak cipta agar tidak terjadi duplikat konten pada website atau blog. Perlindungan ini digolongkan sebagai pembajakan seperti halnya pada album lagu yang begitu banyak disebarluaskan di media hosting untuk bebas di download.

Intinya DMCA adalah perlindungan terhadap suatu keaslian konten dan keaslian produk seperti produk yang berformat digital. Jadi bagi anda yang suka copy-paste sembarangan konten yang ingin dipublikasikan ke internet, maka berhati-hatilah karena bisa jadi blog atau website anda akan di remove dari internet. Yang di-remove tentu saja website atau blog milik para pengopas tersebut.

Selain copas artikel, umum pula terjadi pembajakan template dengan cara menghapus credit link. Biasanya terjadi pada template-template gratis. Dan meskipun gratis, tidak sedikit yang berkualitas premium. Maka sungguh terlalu, sudah digratiskan masih juga dibajak. Jadi mari kita belajar menghargai karya orang lain. Dari sinilah sebenarnya praktek pemberantasan korupsi dimulai. Dimulai dari diri sendiri.

Pengertian artikel orisinil dan kegunaannya bagi suatu segmen masyarakat tertentu bisa jadi adalah suatu habit, tetapi belum tentu bagi segmen masyarakat lainnya.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

2 comments: