Sumber Inspirasi Itu Ada Di Sekitar Kita



Sumber inspirasi untuk berkata-kata secara lisan atau tulisan itu sangat banyak di sekitar kita. Namun entah mengapa, banyak manusia yang sanggup berbicara banyak atau banyak bicara, tapi tidak sanggup banyak menulis.

Dalam keseharian seseorang, sangat mungkin ia sedemikian mudah menemukan orang lain yang cerewet, banyak bicara, senang mengobrol, dan atau seperti tidak pernah kehilangan bahan pembicaraan. Tapi ketika harus menulis ia seperti kehilangan ingatan. Sangat mungkin ia sedemikian mudah menemukan hal seperti itu pada diri orang lain atau pada dirinya sendiri.

Lalu mengapa orang yang banyak menulis jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding orang yang banyak bicara? Dengan pertanyaan senada, mengapa orang yang pandai menulis jumlahnya lebih sedikit dibanding orang yang pandai bicara? Jawabannya sederhana yaitu bahwa lidah tidak bertulang, sementara tangan memiliki banyak tulang. Hehehe.

Mungkin ada yang beranggapan bahwa kesulitan menulis itu karena terbentuknya paradigma bahwa untuk berkata-kata tidak selamanya harus menyangkut sesuatu yang bermutu tapi untuk menulis perlu ada penekanan pada mutu. Anggapan seperti ini ada benarnya tetapi bukan kebenaran yang utuh alias relatif. Toh pada faktanya untuk menulis melanturpun tetap saja banyak manusia yang tidak mampu melakukannya.

Sebenarnya ada satu hal atau alasan yang menyebabkan seseorang sedemikian sulit untuk menulis. Dan alasan tersebut nyaris eksak yaitu karena ia tidak berani memulai. Bila berhadapan dengan komputer misalnya, maka ia jauh lebih banyak menggulir-gulirkan mouse scroll dibanding mengetikkan jari-jarinya pada keyboard. Tanpa bermaksud menggurui, jadi sifatnya hanya saran atau pendorong semangat, jika anda ingin menjadi penulis maka cobalah beberapa kiat ini :

Yakinkan bahwa diri anda mampu, jika tidak sekarang ya nanti. Yang penting berani memulai, seperti apapun hasilnya nanti anggap sebagai sebuah benih.

Anggap bahwa menulis adalah sebuah kesenangan, bukan beban.
Mulailah menulis dengan kata-kata seperti saat anda berbicara.

Salah-satu kiat untuk menggali gagasan atau ide adalah sebagaimana yang diuraikan dalam artikel yang berjudul Cara Mencari Ide Membuat Posting Blog.

Menulis itu bisa dikatakan sulit bisa pula dikatakan mudah. Tapi yang pasti, sumber inspirasi untuk menulis itu ada, bahkan banyak, di sekitar kita.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: