Memunculkan Ide Kreatif Atau Gagasan Utama

Ide kreatif dan atau gagasan utama selalu ditunggu kedatangannya oleh para kreator, termasuk kreator artikel tentunya. Dan agar kedatangannya cepat maka tidak jarang seseorang melakukan stimulan-stimulan. Termasuk di antaranya dengan cara memandang ke alam lepas mencari inspirasi.

Di alam lepas, termasuk di sekitar kita tentunya, tersedia sedemikian banyak sumber inspirasi, namun sumber-sumber tersebut tidak akan otomatis melahirkan suatu ide kreatif atau gagasan. Hal ini terbukti dengan banyaknya kasus dimana setelah berlama-lama memandangi laut lepas misalnya, ide tidak pula kunjung datang. Dan itu terjadi karena sumber-sumber tersebut baru sebatas terekam dalam alam pikiran, belum dikristalisasi menjadi sebuah gagasan yang fokus.

Sobat, pernahkan anda mengalami hal-hal berikut :

  1. Saat anda mandi atau berwudhu tiba-tiba saja ada sekelebat inspirasi datang yang sebelumnya tidak terpikirkan.
  2. Atau inspirasi tersebut datang ketika shalat.
  3. Bahkan, maaf, ketika sobat sedang kencing dan atau buang air besar.
Untuk poin (3) saya serius, seperti juga untuk poin (1) dan (2). Bahkan akan saya uraikan lebih detail.

Begini sobat, cukup sering saya mengalami mati ide ketika sedang menulis atau sedang melakukan trouble shoting. Ketika otak sedang diperas datanglah hal yang alami, yaitu saya ingin buang air besar. Dan di tengah-tengah proses buang air besar itulah justru ide datang. Yang sebelumnya tidak terpikirkan.

Karena sering terjadi, maka awalnya saya jadi berasumsi bahwa suasana kamar mandilah yang mungkin menjadi pemicu datangnya gagasan tersebut.. Karena itu meskipun tidak ingin buang air besar, saat pikiran mentok, saya bersengaja nongkrong atau jongkok di toilet. Busyeeet, ternyata gagasan tidak datang jika hanya dengan sekedar nongkrong atau jongkok begitu. Hahaha!

Jangankan sekedar dengan berjongkok di toilet, berjam-jam duduk di pinggir pantaipun seringkali tidak mampu merangsang ide agar keluar. Yaaa, begitulah!

Dari sini saya punya kesimpulan, bahwa ketika tubuh dibersihkan, dan atau dibuang kotorannya yang ada di dalam, maka otak ter-refresh. Dan setelah itu ia mampu merajut atau mengolah rekaman-rekaman sumber inspirasi menjadi inspirasi. Saya tekankan pada fungsi otak, bukan jiwa. Karena pada otaklah tersimpan berbagai macam memori atau ingatan.

Jadi sering-seringlah anda jongkok ya sob, hehehe. Dan sekian saja dulu artikel saya yang berjudul Memunculkan Ide Kreatif Atau Gagasan Utama. Dan itu salah-satu cara saja di antara banyak cara lainnya.


IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: