Mulai Dari Pilkada Terus Sidang Hingga Real Madrid Dan Barcelona

Mulai Dari Pilkada Terus Sidang Hingga Real Madrid Dan Barcelona
Mulai dari pilkada, terus banyak berita tentang sidang di pusat pemerintahan, hingga berita-berita tentang Real Madrid dan terutama Barcelona, itulah yang sedang menjadi tren selama sebulan ini.


Sungguh merasa beruntung saya, ketika mengetahui bahwa anda, tersasar ke situs saya ini melalui mesin pencari, bukan karena saya membagikannya di media sosial. Begitulah adanya saudaraku, satu orang pengunjung yang hadir ke situs saya melalui mesin pencari, adalah lebih dihargai dibanding seratus orang yang hadir melalui cara lain. Itu dimata Google lho, bukan dimata saya. Kalau saya sih memandang, siapapun pengunjungnya, bagaimanapun caranya mereka bisa sampai ke situs saya, tetap berharga.

Tersasar, demikianlah istilah canda saya bagi para pembaca yang tiba di situs ini. Saya menggunakan istilah itu bukan untuk merendahkan pembaca tapi justru untuk mengakui apa adanya bahwa situs yang sedang anda kunjungi ini, situs saya ini, belumlah termasuk situs yang berkualitas.

Saya serius, anda yang saat ini sedang membaca artikel ini begitu berharga dalam pandangan saya. Tanpa anda, tanpa ada yang mau membaca-baca isi situs ini, maka situs ini akan menjadi sesuatu yang hadir tanpa makna. Karena itu dengan sepenuh hati saya berterima kasih kepada anda.

Pilkada di daerah saya sudah akan dimulai, dan nuansanya seperti biasa telah kita ketahui bersama. Ya, di era informatika seperti sekarang ini maka yang namanya berita jangankan dicari, tidak dicaripun datang sendiri. Anda pasti mengangguk pada apa yang saya utarakan barusan karena mengalami pula, bukan?

Sejalan dengan itu dari pusat pemerintahan muncul berita demi berita tentang persidangan.  Dan itu membuat suhu politik semakin panas saja.

Sindo mengeluarkan berita ini :

JELANG Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 9 Desember 2015, kondisi di semua daerah yang memiliki jadwal hajatan pesta Demokrasi mengalami peningkatan tensi persaingan antar pendukung calon kepala daerah. Kondisi seperti ini tentu sangat mudah bagi pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan provokasi dan membuat suasana semakin kisruh dengan black campaign-nya atau kampanye hitam yang disuarakan untuk kepentingan tertentu. 
Kampanye politik adalah sebuah upaya terorganisir yang bertujuan untuk memengaruhi proses pengambilan keputusan para pemilih. Kampanye politik selalu merujuk pada penggunaan metode rayuan yang merusak, sindiran atau rumors mengenai para kandidat atau calon kepada masyarakat agar menimbulkan presepsi yang dianggap tidak etis terutama dalam hal kebijakan publik. Sumber 

Sementara ini cuplikan berita dari Tempo :
TEMPO.COJakarta - Mahkamah Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat memastikan Ketua DPR Setya Novanto memenuhi panggilan dalam persidangan hari ini, Senin, 7 Desember 2015. "Ya, beliau sudah mengkonfirmasi akan datang esok untuk pemeriksaan," ujar Wakil Ketua MKD dari Partai Gerakan Indonesia Raya, Sufmi Dasco Ahmad, saat dihubungi Tempo, Minggu, 6 Desember 2015. Sebelumnya, MKD mengirimkan surat panggilan kepada Setya pada Jumat lalu. 
Kepastian kedatangan Setya juga dikonfirmasi anggota MKD lain, Syarifudin Sudding. "Ya, saya kira beliau akan datang," ucapnya. Ia mengatakan pemeriksaan Setya dijadwalkan pada pukul 09.00 WIB di ruang rapat MKD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Sumber

Maka demikianlah, di jaman sekarang berita demi berita sedemikian cepat sampai kepada kita. Hal ini sungguh berbeda dengan dulu dimana media pemberitaan masih digawangi sebatas oleh sebuah stasiun televisi milik negara, radio milik negara, dan sejumlah surat kabar atau koran. Adapun internet belum populer saat itu. 

Tentang Real Madrid dan Barcelona, serta dunia sepakbola pada umumnhya, menurut saya jauh lebih menarik untuk ditonton daripada dibahas pada artikel ini. Lebih baik ditonton, selagi bintang-bintang mereka seperti Christiano Ronaldo dan Lionel Messi masih di usia emas.

Ambillah minumanmu, saudara. Setelah kita minum lanjutkan membacanya ya? Hehehe.

Saudara, anda bisa sampai ke situs saya ini tentu dari mesin pencarian, bukan? Mesin pencari memang telah menjadi bagian melekat dari dinamika berinternet. Termasuk untuk hal-hal yang telah kita bahas di atas.

Suatu saat anda membutuhkan informasi tentang sesuatu, dan anda memutuskan untuk mencarinya di internet.  Anda membuka situs mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing kemudian memasukkan kata-kata tertentu untuk ditelusuri. Hasil penelusuran merujuk pada beberapa situs atau blog lalu anda baca satu per satu, terutama yang ada di baris lima teratas.

Ketika sebuah website atau blog dipublikasikan di internet, maka cepat atau lambat ia akan mengalami crawling dari search enginee untuk dikumpulkan data-datanya. Hasil crawling tersebut bisa berupa url, sebagian atau potongan-potongan artikel, feed url, ataupun data-data lainnya. Data-data tersebut disimpan di server search enginee yang bersangkutan. Selanjutnya akan ditampilkan sesuai dengan permintaan dari para pencari. Pada sisi inilah sebenarnya tindakan-tindakan optimasi SEO dari pengelola website diperlukan.

Saat seorang pengelola website/blog melakukan Search Engine Optimazion maka sesungguhnya ia sedang berusaha agar yang ia publikasikan di internet segera dikenali oleh search enginee pada urutan teratas, minimal lima besar. Dengan cara begitu maka peluang ia untuk memperoleh trafik organik akan tinggi. Dan kali ini saya sedang melakukan sejenis uji nyali. Artikel ini tidak saya bagikan di media sosial. Saya hanya berharap agar para pembacanya datang melalui search engine sehingga bisa dimasukkan sebagai trafik organik.

Trafik Organik adalah sesuatu yang sangat dikejar oleh para webmaster dan blogmaster. Tentang hal ini pernah saya tulis dalam artikel yang berjudul Pengertian Trafik Organik Dan Fungsinya.

Memperoleh trafik organik itu bukan main sulitnya meskipun para pengguna internet, di Indonesia saja, diperkirakan ada 50 juta orang. Sebuah jumlah yang tidak sedikit tentunya. Sepintas lalu angka 50 juta itu adalah sebuah peluang agar artikel seseorang laku dibaca. Salah-satunya melalui lalu-lintas organik, tapi nyatanya tidak demikian. Hal ini terjadi karena : Artikel yang mampu menduduki SERP teratas, minimal 10 besar, bukanlah artikel sembarangan. Ia bersaing dengan sedemikian banyak artikel yang memiliki persamaan kata kunci.

Berdasarkan data di bawah malah lebih menakjubkan lagi. Konon proyeksi pengguna internet di Indonesia adalah 140 juta orang. Atau kira-kira separuh dari jumlah penduduknya.


pengguna internet di Indonesia



Sebenarnya Kemana Arah Tujuan Artikel Ini?

Hingga pada paragraf terakhir di atas mungkin ada kesan bahwa artikel saya ini ngalor-ngidul tidak karuan. Tidak jelas apa yang menjadi fokus. Hehehe, tenang saudara. Saya akan menjelaskannya.

Saat ini saya sedang menulis artikel ujicoba. Dan yang dijadikan bahan ujicoba adalah sejumlah parameter yang konon bisa menaikkan suatu artikel pada posisi yang baik di mesin pencari. Parameter-parameter tersebut saya sebarkan pada seluruh bodi artikel dan tinggal melihat hasilnya saja dengan mnggunakan tools seperti Google Webmaster dan Google Analytics.

Bila parameter-parameter tersebut terbukti ampuh, maka saya akan membagikan pula tentang kiat-kiatnya kepada anda, kepada semuanya, untuk menjadi suatu bahan diskusi atau bertukar pengalaman.

Hingga di sini semoga menjadi jelas adanya.

Sering saya berpikir bahwa sesuatu yang berkualitas dan sesuatu yang diminati adalah sesuatu yang lebih sering seiring sejalan. Hanya dalam sedikit kasus saja bahwa sesuatu yang kurang berkualitas tetapi sangat diminati. Dan saya malah bingung jika harus menyodorkan contoh-contohnya. Mungkin sebuah benda jadul bisa dijadikan contoh, misalnya saja mesin ketik kuno. Secara kualitas kekinian ia hanyalah tinggal sebagai rongsokan teknologi tetapi banyak orang yang masih mau menyimpannya karena alasan historis.

Terkait dengan isu kualitas tersebut, adalah sebuah mimpi bagi saya untuk bisa menempatkan artikel ini di 10 besar SERP dengan mengandalkan kata kunci yang sebenarnya sangat umum seperti pilkadasidangReal Madrid, dan Barcelona. Sungguh sebuah mimpi karena di belantara maya bernama internet ini tentu ada sedemikian banyak artikel atau berita yang menggunakan kata-kata kunci tersebut. Tapi ada hal yang sedikit mengherankan, selama lima jam terakhir ternyata artikel ini dikunjungi oleh 18 orang. Sebagiannya tentu berasal dari lalu-lintas organik Saat ini waktu di tempat saya menunjukkan Selasa 18 Desember 2015 jam 12.06.

Update : Hingga 19 Desember 2015 jam 20.00, artikel ini telah mendapat 40 kunjungan berupa trafik organik. Sedikit sekali ya? Selesai sudah masa ujicobanya. Dan akan saya buka untuk berbagi di media sosial.





IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.