Antara Posisi SERP dan Relevansi Pencarian


SERP merupakan singkatan dari Search Engine Results Page yang maknanya kurang-lebih adalah halaman dari sebuah search engine yang menampilkan semua hasil penelusuran. Atau dengan kalimat lain adalah halaman yang menampilkan semua hasil penelusuran sebuah search engine.

Ketika seseorang melakukan pencarian menggunakan search engine, prinsipnya sederhana sekali, buka search engine favorit dan ketikkan kata atau kalimat yang dikehendaki. Lalu tekan enter dn tampillah SERP. Tapi hal ini menjadi agak tidak sederhana ketika justru fokus pada urusan ketikkan kata atau kalimat yang dikehendaki.

Dalam keseharian saya sering menemukan mereka yang kebingungan ketika melakukan pencarian menggunakan search engine. Padahal mereka sudah akrab dengan internet. Contoh kasusnya seperti ini :

Seseorang bertanya pada saya tentang antivirus terbaik, lalu saya menjawab, "Googling saja, nanti akan ada referensi dari sana!"

Saya pergi meninggalkan ia untuk memesan kopi, dan ketika saya kembali ia memang sudah membuka Google, tapi belum ada satu katapun yang diketikkannya di kolom pencarian. Ia malah bertanya, "Kata apa yang diketikkan di sini?"

Hingga di sini saya harus bersabar memandunya. Saya jelaskan bahka ia bisa memilih beberapa macam kata, frase, atau kalimat untuk melakukan pencarian. Metodenya adalah pendekatan terhadap perangkat yang akan ditambahi antivirus. Karena ia menggunakan Windows 8 maka saya menyarankan agar ia memulai pencarian dengan kata kunci : Antivirus terbaik untuk Windows 8.

Kata kunci tersebut ia gunakan dan muncullah beberapa hasil pencarian di halaman pertama. Ia bertanya lagi, "Pilih yang mana, koq banyak banget?"

Saya menjawab, "Pilih judul yang sekiranya paling relevan!"

Ia mengikuti saran saya dan di-klik-nyalah SERP nomor 10. Ia melakukan itu karena antara kata kunci yang tadi diketik dengan judul yang terpampang memang nampak paling relevan dari susunan kata-katanya. Pada saat itu judul yang terpampang pada SERP adalah : Antivirus Terbaik Buat Windows 8.

Yang bersangkutan sangat berpegang pada struktur kata kunci, sehingga judul yang muncul di SERP pertama malah ia abaikan. Judul di SERP pertama tersebut adalah : Antivirus Gratis Terbaik untuk Windows 8 dan 8.1.

Kasus seperti ini bukan sekali dua kali penulis temui, cukup sering. Dari sini bisa disimpulkan bahwa untuk SERP kita tidak perlu ngotot memperoleh ranking 1, asal berada di 10 besar saja sudah cukup. Terkecuali bila niatnya untuk Kontes SEO.


IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: