Sabtu, 30 Januari 2016

Kepentingan Umum Itu Diawali Oleh Kepentingan Pribadi

Hari ini cukup banyak manusia yang menepuk dada karena merasa telah berjuang untuk kepentingan bersama atau kepentingan umum.. Namun ada satu hal yang nampaknya dilupakan oleh mereka, yakni tentang mengapa kepentingan umum tersebut bisa hadir.

Bagi mereka yang aktif berkomunitas dan atau berorganisasi dalam arti sebenarnya, menepuk dada seperti pada uraian di atas, adalah hal yang sangat tabu untuk dilakukan. Ketabuan atau penabuan itu datang dari sebuah kesadaran bahwa mustahil ada kepentingan umum tanpa diawali kepentingan bersama. Dan mustahil ada kepentingan bersama bila tidak diawali oleh kepentingan pribadi.

Ini adalah sebuah aksioma atau keniscayaan :


Walaupun berada dalam komunitas yang seerat apapun kebersamaannya, para anggota komunitas itu tetaplah berada pada kepentingan pribadinya masing-masing. Adapun yang disebut kepentingan bersama pada dasarnya hanyalah sekumpulan kepentingan pribadi, yang diperjuangkan secara kolektif karena memiliki persamaan bentuk.

Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Kepentingan Umum Itu Diawali Oleh Kepentingan Pribadi, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.