Memilih Skema Utama Untuk Situs Anda




Dari artikel yang berjudul HTML5 & Schema.org - StructuredMicrodata for SEO, saya menemukan uraian ini :

schema.org/Blog can be used, where you typically find a list of several blog posts. In other words, schema.org/BlogPosting represents a single blog post of schema.org/Blog. Schema BlogPosting is a more specific schema.org/Article type. That means, every BlogPosting is an Article, but not every Article is a BlogPosting, because Article is just general with the following specific types: (1) BlogPosting, (2) NewsArticle, (3) ScholarlyArticle. In other words, if you have a typical blog, it would be the best solution to use schema.org/Blog with schema.org/BlogPosting.

Di sana dijelaskan bahwa setiap BlogPosting adalah Article, tetapi sebuah Article belum tentu BlogPosting. Sebabnya adalah bahwa Article bersifat umum. Ia memiliki tiga tipikal yaitu BlogPosting, NewsArticle, dan ScholarlyArticle.

Sebelum membahas secara lebih detail, perlu ada sedikit gambaran tentang apa itu Blog. Secara cukup rinci saya pernah mengulasnya pada artikel yang berjudul Perbedaan Antara Website Dan Blog. 

Sedikit saja yang perlu saya pertajam bahwa blog pada dasarnya ibarat buku harian yang dipublikasi. Dan konten dari sebuah buku harian umumnya adalah catatan kegiatan pribadi dan opini. Dengan demikian hal-hal yang bersifat ilmiah, termasuk tutorial, tidak sepantasnya ada pada sebuah blog.

Bila anda senang menulis review, tutorial, pengalaman praktikum berbasis ilmiah, dan hal-hal lain yang bersifat paten, maka memilih skema Article adalah yang terbaik.

Sebenarnya Relatif Bila Dikaitkan Dengan Hasil

Hingga hari ini saya belum menemukan perbedaan hasil yang signifikan di antara pemakaian skema blogposting dengan skema artikel. Dengan demikian lingkup pembahasannya bukanlah pilihan mana yang lebih baik, tetapi mana yang lebih patut.


IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.