Review AMPHTML Setelah Sebulan Implementasi


Sebulan sudah saya menerapkan AMPHTML, adapun hal yang paling memotivasi adalah rasa ingin tahu. Dan karena platform yang saya gunakan adalah blogspot, maka template blogspot eksistinglah yang diutak-atik. Jujur saja, tidak mudah. Entahlah jika diterapkan pada platform lain seperti Wordpress Selfhosting.

Berbagai panduan yang diberikan oleh situs-situs resmi yang berkompeten terhadap proyek AMPHTML ini berlaku secara umum, jadi tidak spesifik untuk blogspot. Dengan demikian tatarancangnya harus dieksplorasi sendiri.

Setelah sebulan diterapkan, ada review awal yang bisa saya sampaikan. Beberapa di antaranya adalah :

Ukuran template menjadi jauh lebih ramping. Hal ini terjadi terutama karena javascrip internal dihapus, dan digantikan javascript eksternal.

Kecepatan blog meningkat. Tidak signifikan memang, karena sebelumnyapun jika ukurannya kecepatan, blog saya sudah terhitung cepat. Kuncinya pada desain yang minimalis dan menerapkan CDN.

Entah ada hubungannya atau tidak, trafik organiknya bertambah. Dari kisaran 250 per hari menjadi sekitar 350. Masih belum membanggakan memang, mungkin karena blog saya masih terhitung baru.

Alexa Rank semakin ramping, dan diiringi trafick rank Indonesia yang meningkat atau mengecil secara signifikan,

Akses mobile lebih cepat dan responsive.


IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

2 comments: