Content Delivery Network (CDN) Untuk Redirect Blogger

Halo apa kabar pembaca sekalian? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan baik ya, aamiin. Selamat datang di situs sederhana saya ini. Dan tanpa banyak basa-basi lagi, mari kita mulai. Hehehe, silahkan sambil ngopi, sob.

Apa yang saya uraikan ini agak bersifat lanjutan, bukan dasar. Dengan demikian akan bisa dipahami jika sebelumnya anda telah mengetahui :

Apa keuntungan menggunakan Content Delivery Network atau CDN,
Bagaimana cara mengalihkan atau redirect Blogger ke TLD.

Bagi yang belum mengetahui tentang dua hal tersebut di atas, silahkan googling saja. Sudah sangat banyak blogger yang membahas.

Relevan dengan judul, maka inilah urutan kerja sebagai Cara Lain Redirect Blogger Ke Custom Domain (TLD)

PERTAMA
Lakukan pendaftaran di salah-satu penyedia CDN. Saya sangat merekomendasikan Cloudflare. Layanan gratisnya saja sudah sangat memuaskan. Apalagi yang berbayarnya.

Setelah melakukan pendaftaran untuk memperoleh akun, maka selanjutnya adalah mendaftarkan domain anda. Lakukan setting seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Tampilan dari panel Cloudflare sangat user friendly. Untuk menambahkan domain dari situs anda, tinggal klik Add site. Selanjutnya tinggal klik DNS pada Icon Menu yang berderet di bagian atas.

KEDUA

Ganti nameserver anda dengan nameserver yang disediakan oleh Cloudflare. Pada contoh ini saya berlangganan di Hostinger. Jadi untuk merubah nameserver bisa disesuaikan dengan apa yang anda gunakan pada saat ini.

KETIGA

Anda tidak perlu melakukan pengaturan DNS pada Control Panel di penyedia domain. Biarkan saja kosong.

KEEMPAT

Bila telah berhasil, maka tanda Cloudflare akan muncul pada rincian situs anda.  Untuk keperluan tersebut anda bisa menggunakan Wappalizer.

Ya sudah, hanya seperti itu koq, sob. Jadi artikel atau tutorialnya pendek sekali ya? Hehehe.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: