Manfaat Kontes SEO Untuk Promosi Online


Di jaman sekarang setidak-tidaknya ada tiga media untuk mempromosikan sesuatu, yaitu :

Media cetak
Bentuknya adalah majalah, tabloid, dan surat kabar harian. Ketiga bentuk media ini memiliki sejarah eksistensi yang panjang. Di Indonesia hingga awal tahun 2000-an masih bertahan dengan kokoh meskipun di awal tahun 1990-an telah memiliki pesaing kuat, yakni televisi swasta.

Media Elektronik
Radio dan televisi adalah yang paling terkemuka untuk jenis media elektronik ini.

Media Online
Internet adalah sokoguru bagi media online. Bentuk konkritnya adalah seperti majalah, tabloid, atau harian tapi tidak menggunakan kertas atau paperless. Ia murni menggunakan internet sebagai wahananya. Sejak media online populer di Indonesia, maka eksistensi media cetak surut drastis.

Ketika sebuah kejadian atau peristiwa terjadi, media cetak memerlukan waktu relatif lama untuk menyampaikan beritanya. Adapun salah-satu keuntungan bagi publik adalah berita-berita tersebut bisa disimpan untuk dibaca ulang. Misalnya dalam bentuk klipping.

Media elektronik bisa lebih cepat tetapi memiliki sebuah kelemahan prinsip. Berita-berita yang berhasil mereka himpun secara default tidak bisa diakses ulang oleh publik.

Penulis akan membahas tentang promosi melalui media online.

Media online menggabungkan keunggulan dari media cetak dan media elektronik. Ia cepat sekaligus bisa diakses ulang.

Promosi melalui internet memiliki banyak ragam, kontes SEO hanya salah-satunya saja. Kelebihan dari Kontes SEO dibanding jenis promosi lain, adalah durasi penayangannya. Promosi-promosi melalui mediamassa, dengan format berita, pada umumnya memiliki durasi tayang yang sangat singkat. Bahkan hanya dalam hitungan jam meskipun untuk kategori headline.

Durasi pendek tersebut terjadi karena mediamassa, termasuk yang online, selalu melakukan update berita dalam tempo singkat. Dengan demikian berita sebelumnya akan segera digantikan oleh berita yang baru. Hal ini tidak terjadi pada format kontes SEO yang durasi penayangannya bisa berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun.

Penyelenggaraan promosi melalui Kontes SEO terbilang murah. Sebuah perusahaan skala nasional bisa menyelenggarakannya hanya dengan biaya sekitar Rp 5 juta untuk hadiah bagi pemenang. Dan bila prestise yang menjadi salah-satu pertimbangan, maka pada nominal belasan jutapun sudah bisa dijalankan.

Meskipun Kontes SEO sangat prospektif untuk promosi, tidak berarti bebas begitu saja diselenggarakan. Ada sejumlah rambu yang perlu diperhatikan tentunya.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: