Aneka Jenis Hantu Ternama Di Indonesia



KUNTILANAK

Penggambaran dari sosok kuntilanak mungkin adalah penggambaran wujud hantu yang paling umum bahkan di legenda hantu negara lain, yaitu sosok wanita berambut panjang mengenakan baju panjang putih dengan wajah yang sangat dingin dan menyeramkan – tambahan dalam cerita rakyat Melayu, sosoknya sering berubah menjadi makhluk seram penghisap darah.

TUYUL

Tuyul dikenal sebagai makhluk bertubuh kecil kerdil berkepala gundul berwajah menyeramkan, ada yang mengatakan bentuk tuyul itu pendek, berbulu hitam dan sedikit berlendir serta memiliki taring yang tajam (menurut paranormal tersohor Ki Gendeng Pamungkas ukurannya sekitar 20cm dan selain botak, ia juga ingusan). Gambaran ini jelas tidak sama dengan tuyul ramah dan baik yang ditampilkan Oni Syahputra di sinetron Tuyul dan Mbak Yul yang populer di era 90-an.

SUNDEL BOLONG

Sundel Bolong (Sundal Bolong) adalah mitos hantu asal Indonesia dengan penggambaran umum sedikit mirip dengan Kuntilanak yaitu wanita cantik berambut panjang (terkadang amat panjang) dengan gaun putih panjang menutup seluruh tubuh, bedanya, bagian punggung Sundel Bolong (yang tertutup rambut panjangnya) sebenarnya bolong (berlubang) hingga menembus ke bagian dalam tubuh memperlihatkan organ-organ tubuh bagian perutnya yang kadang berdarah-darah.

POCONG

Dari deretan hantu yang khas Indonesia, pocong bisa dibilang yang paling ikonik. Hantu khas Indonesia ini sebenarnya mengikuti budaya muslim, namun penganut agama yang lain pun mengakuinya sebagai salah satu sosok memedi paling menakutkan yang menjadi legenda terutama di tanah Jawa dan Sumatra. Selain paling ikonik, bisa jadi pocong ini adalah jenis hantu yang paling sabar. Bagaimana tidak, ia mau membaca tulisan ini sampai selesai.

Hahaha!

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: