Perbandingan Antara Niche Blog dengan General Blog





Niche blog adalah blog yang mengkhususkan diri pada satu hal untuk konten-kontennya. Tingkat kekhususan tersebut bisa memiliki cakupan yang longgar hingga ketat.

Contoh niche blog yang longgar adalah blog yang membahas tentang kuliner misalnya, atau makanan. Di sana disajikan tulisan tentang aneka makanan. Mulai dari jenis-jenis makanannya, resepnya, sejarahnya, dan sebagainya.

Niche blog yang ketat benar-benar spesifik, misalnya ia hanya membahas tentang siomay. Maka apapun konten yang ditulisnya selalu berkaitan dengan siomay.

Adapun general blog, biasanya diistilahkan sebagai blog gado-gado, adalah blog yang tidak mengkhususkan diri pada satu pembahasan.

Manakah yang lebih baik di antara niche blog dan general blog? Jawabannya adalah tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk, kedua-duanya sama. Mereka sama, dan sangat tergantung kepada sang penyaji.

Bila anda memiliki usaha atau bisnis komputer misalnya, mengapa tidak untuk mengelola blog ber-niche komputer. Bisa berbagi ilmu atau teori tentang komputer sekaligus promosi. Bahkan bisa saja niche blog-nya berupa online shop murni, dan tidak membahas secara detail tentang teori komputer.

Lalu jika anda hanya ingin beraktualisasi diri dengan menulis apapun, tanpa harus fokus pada satu hal, maka tentu saja pilihannya adalah general blog atau blog gado-gado tadi.

bagi anda yang ingin memulai ngeblog, tidak perlu terjebak pada dikotomi gemeral blog vs niche blog, jalankan saja dulu. Nanti anda akan menemukan sendiri, mana yang sebenarnya menjadi fesyen anda.

Berkaitan dengan niche blog, penulis membahasnya secara lebih rinci pada artikel selanjutnya yang berjudul : Tips SEO Pada Website atau Blog Bagian Pertama.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: