Kucing Adalah Hewan dengan Naluri Dasar Nomaden

Kucing Adalah Hewan dengan Naluri Dasar Nomaden

Kucing Adalah Hewan dengan Naluri Dasar Nomaden - Naluri dasar seekor kucing, bahkan kucing non lokal sekalipun, adalah nomaden. Artinya adalah kucing bukanlah hewan yang senang menetap di satu tempat. Hal ini berbeda dengan beberapa jenis burung misalnya, yang membuat sarang kemudian menetap.

Benar, kucing memang tidak pernah membuat sarang secara khusus kemudian menetap. Yang digunakan oleh mereka lebih berupa zona kekuasaan atau wilayah. Dan itupun sering kali tidak jelas atau tidak tetap batas-batasnya.

Naluri dasar ini akan terpelihara seutuhnya pada kucing-kucing liar. Adapun pada kucing-kucing yang dipelihara, naluri tersebut tentu terkikis. Seberapa besar terkikisnya adalah tergantung bagaimana cara si kucing dipelihara. Namun naluri dasar itu tidak akan hilang 100%.

Seekor kucing yang sedemikian dimanja, naluri dasarnya akan banyak terkikis tapi tidak akan habis sama-sekali. Dalam keadaan tertentu, naluri dasar yang tersisa sedikit itu, bisa muncul dalam bentuk aksi. Misalnya tiba-tiba saja si kucing kabur dari rumah pemeliharanya.

Keterikatan kucing pada pemiliknya lebih dominan karena makanan. Adapun keterikatan secara emosional sangat rendah karena kucing sesungguhnya bukan hewan yang setia. Ketika seekor kucing tidak lagi menemukan makanan yang cukup dari majikannya, ia siap kabur kapan saja.

Dalam beberapa kasus, seekor kucing bahkan bisa meninggalkan pemiliknya meskipun ia sangat dimanja, cukup makanan, dan diberi tempat yang aman serta nyaman. Penyebabnya adalah karena desakan naluri nomaden tadi. Sebagian kucing ada yang kembali kepada pemiliknya setelah sekian waktu dan tidak sedikit pula yang tidak kembali.

Kisah-kisah kesetiaan kucing pada pemiliknya adalah keistimewaan, bukan kebiasaan. Artinya tidak banyak terjadi. Karena tidak banyak terjadi, maka banyak yang mengemasnya sebagai berita unik.

Kucing tergolong makhluk yang lucu, menggemaskan, dan mengundang belas-kasih bagi para pecintanya. Karena itu meskipun kucing memiliki banyak sisi gelap, mereka tetap saja banyak disukai. Bahkan rasulullah Muhammad Saw-pun sangat menyayangi kucing.


Kucing Adalah Hewan dengan Naluri Dasar Nomaden

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: