Tips Memilih Mouse Untuk PC atau Notebook Anda

Apakah anda seorang gamer profesional yang memperoleh penghasilan dari setiap game yang dimainkan? Jika ya maka lewati saja postingan ini karena tidak ada bahasan yang akan menambah wawasan.

Nah, bila anda seorang pengguna pc yang bermain game hanya untuk sekedar hiburan disela-sela kerja, maka postingan ini rasanya cukup pantas anda baca.

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih mouse :

Pertimbangan Ukuran Fisik Mouse

Adalah penting untuk mempertimbangan ukuran fisik mouse agar nyaman ketika digenggam. Mouse yang terlalu besar atau terlalu kecil akan mengganggu kenyamanan.

Ada ukuran mouse yang kecil sehingga lebih pas untuk anak-anak dan atau untuk mereka yang bertangan mungil.

Mouse standar biasanya tidak dicantumkan berapa DPI kecepatan mouse tersebut. Tapi, untuk mouse-mouse kelas gaming, DPI pasti lebih utama dicantumkan pada dusnya. Dan, semakin tinggi DPI dari mouse tersebut, maka semakin baik pula untuk digunakan bermain game. Karena, kualitas dalam mengklik akan lebih lembut, perpindahan kursor pun akan lebih cepat (sensitif).

Mouse memiliki ukuran yang beragam, yang tentunya disesuaikan dengan usernya. Untuk itulah ukuran mouse sangatlah penting dan juga mendukung kelancaran Anda dalam bermain game. Biasanya para gamer memilih mouse yang dimana posisi jari dan telapak tangannya tetap lurus dan pas tanpa melengkung. Jadi, seakan-akan tangan Anda hanya diletakkan begitu saja dalam keadaan santai.

Untuk gamer yang nyaman dan suka dengan mouse seperti ini, tentunya membutuhkan mouse berukuran yang agak besar dan lebar. Namun, ada juga gamer yang senang menggunakan mouse yang berukuran kecil, karena menurutnya nyaman dan lebih lincah untuk digerakkan. Kalau Saya sendiri penggemar mouse untuk ukuran yang besar. Ini karena Saya suka dengan game FPS (First Person Shooter). Dan, ini membutuhkan kenyamanan user dalam menggunakan mouse tentunya.

Pertimbangkan Teknologi yang Dipakai

Ada mouse nirkabel (wireless) dan mouse berkabel (wired). Perbedaan dari keduanya bukanlah dari sisi akurasi melainkankan dari caranya terkoneksi dengan pc atau notebook. Wireless mouse terkoneksi tanpa kabel sedangkan wired mouse menggunakan kabel.

Memilih wired atau wireless mouse adalah salah satu pertimbangan cara memilih mouse PC yang baik. Dulu kebanyakan mouse dirancang dengan memakai kabel atau wired mouse. Namun di era modern seperti sekarang mouse muncul tanpa kabel atau wireless mouse.

Untuk sekarang ini, banyak orang lebih memilih mouse tanpa kabel karena selain dipandang keren, juga lebih canggih dalam tekhnologi.

Bila anda memilih wireless mouse, maka perlu sedikit tambahan anggaran untuk baterai. Adapun mouse berkabel tidak memerlukan baterai karena mendapat catu langsung dari pc atau notebook. Umumnya sekarang melalui usb port, bukan lagi menggunakan PS2.

Tips Memilih Mouse Untuk PC atau Notebook Anda
Contoh mouse berkabel yang berukuran fisik cukup besar. Termasuk kategori mouse untuk game.

Pertimbangkan Fungsinya

Mouse untuk bermain game tentu berbeda dengan mouse untuk kebutuhan standar. Untuk kelas yang sama maka harga mouse untuk game tentu lebih mahal karena memiliki fitur lebih lengkap.

Secara fungsi gaming mouse pasti bisa digunakan untuk kebutuhan standar tetapi tidak sebaliknya. Bila anda seorang pengguna pc biasa, bukan gamer, bisa saja mempertimbangkan untuk menggunakan gaming mouse kualitas sedang. Dengan demikian tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Mouse standar biasanya tidak dicantumkan berapa DPI kecepatan mouse tersebut. Tapi untuk mouse-mouse kelas gaming, DPI pasti lebih utama dicantumkan pada dusnya. Semakin tinggi DPI dari mouse tersebut, maka semakin baik pula untuk digunakan bermain game. Karena kualitas saat klik akan lebih lembut, perpindahan kursor pun akan lebih cepat (sensitif).

Harga dan Fitur

Untuk beberapa mouse standar harganya memang sangatlah murah, berkisar mulai dari angka Rp. 10 ribuan hingga Rp. 20 ribuan saja. Tapi, untuk mouse gaming biasanya di atas Rp. 100 ribuan bahkan hingga jutaan. Ini karena mouse gaming memiliki banyak fitur dan tombol tambahan di atas. Mouse gaming juga biasanya memiliki tambahan aksesoris untuk melengkapi kenyamanan Anda dalam bermain game. Aksesoris tambahan ini biasanya berupa mousepad, yang lembut dan agak lebar.

Untuk memilih mouse gaming, sebaiknya pilih memiliki fitur dan tombol tambahan yang lengkap. Dan, biasanya mouse gaming juga dijual dengan bundle keyboard gamingnya. Namun, Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk mendapatkannya.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: