Berbagai Sumber Trafik Primer Bagi Website atau Blog

Berbagai Sumber Trafik Primer Bagi Website atau Blog

Sebuah website atau blog bisa memperoleh trafik atau lalu-lintas dari berbagai sumber. Beberapa di antaranya adalah :

Trafik Langsung

Yang dimaksud trafik langsung adalah ketika website atau blog tersebut dikunjungi secara langsung. Teknisnya adalah pengunjung langsung mengetikkan url yang dituju pada address bar. Trafik langsung yang paling umum adalah dengan diawali oleh membuka homepage dan kemudian baru mem-browsing isinya.

Situs-situs yang ternama seperti Microsof, Google, Facebook, dan sebagainya adalah contoh yang paling umum menerima trafik langsung. Hal ini dapat terjadi karena popularitas mereka.

Trafik Rujukan

Trafik rujukan datang dari suatu backlink. Misalkan saja blog anda memiliki sejumlah backlink dari blog lain. Ketika backlink tersebut di-klik sehingga menuju blog anda, maka pada saat itu dikatakan blog anda sedang menerima trafik rujukan.

Trafik Organik

Trafik organik adalah trafik yang didapatkan dari mesin pencari. Ketika seseorang sedang mencari informasi dengan kata kunci tertentu, kemudian ia mengetikkannya pada kotak penelusuran suatu search engine, dan pada saat itu pada SERP muncul link anda yang bersesuaian, kemudian link tersebut di-klik, maka itu berarti anda menerima trafik organik.

Kemudian kita mengenal berbagai istilah trafik yang lain seperti trafik berbayar, trafik selular, trafik tablet, dsb. Lalu mengapa ketiga jenis trafik di atas dikatakan primer? Begini penjelasannya :

Anggap website atau blog kita sedang diakses oleh smartphone sehingga memperoleh tambahan statistik berupa trafik seluler, maka tetap saja nantinya akan ada pemilahan apakah trafik seluler tersebut berasal dari trafik langsung, trafik rujukan, atau trafik organik. Hal ini mengingatkan kita bahwa alat seluler sesungguhnya hanyalah media penampil, tidak ada bedanya dengan pc atau notebook.

Selanjutnya : Mengapa Trafik Organik Dijadikan Acuan Penting Search Engine?

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.