Pengertian Domain dalam Berbagai Perspektif Hubungan

Pengertian Domain dalam Berbagai Perspektif Hubungan

Pembahasan akan dilakukan dengan cara yang singkat dan diusahakan semaksimal mungkin mudah dipahami. Topiknya kali ini adalah tentang domain.

1. Lingkup Kewenangan dan Tanggung Jawab

Salah-satu pengertian domain dari segi hubungan pekerjaan adalah lingkup kewenangan dan tanggung jawab. Kita jelaskan dalam sebuah ilustrasi demikian :

Seorang pembeli yang belum berpengalaman mendatangi bagian pemasaran sebuah perusahaan gadget. Ia mengadukan masalah teknis ponselnya.

"Maaf, ponsel yang telah saya beli sebulan yang lalu sering hang. Dapatkah bapak membantu saya?" kata si pembeli.

"Terima kasih atas kunjungan anda. Sebelumnya perlu kami jelaskan bahwa mengenai penangan kerusakan teknis bukanlah domain kami.  Anda bisa langsung menuju ke ruangan di sebelah kanan itu untuk menerima pelayanan", jawab petugas pemasaran.

2. Integrasi Server dan Klien Komputer

Sejumlah komputer klien terhubung dengan sebuah server, dengan demikian di antara mereka terjadi integrasi secara intranet. Server tersebut diberi nama sesuatu.com dan semua komputer kliennya merujuk ke sana. Maka pengertian domain dalam hal ini adalah keterpaduan server dan seluruh komputer kliennya pada sebuah nama domain, dalam hal ini namanya dalah sesuatu.com.

Pengertian domain seperti ini adalah di lingkup intranet yang tentu saja identik pula dengan internet. Perbedaannya adalah jika internet memiliki lingkup atau cakupan yang sangat luas maka intranet hanya di lingkup kecil, misalnya saja lokal perusahaan.

3. Pengganti IP Address

Kita masih mengambil contoh pada poin (2). Nama domain sesuatu.com sebenarnya adalah pengganti IP Adrress. Penggantian ini dimaksudkan agar mudah dalam mengingat ketika akan mengakses.

Misalkan saja server tersebut memiliki IP 192.168.103.103, maka akan lebih mudah diingat bila IP Adrres tersebut dikonversi menjadi sebuah nama domain. Dan hal ini sebenarnya berlaku pula pada website.

Ketika anda mengunjungi sebuah website, misalnya saja http://www.domainapapun.com, maka sesungguhnya anda sedang mengunjungi sebuah IP Adrres yang telah dikonversi menjadi nama domain.

Pengertian domain seperti ini adalah di lingkup internet.

4. Wilayah, Daerah, Ranah

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan domain secara umum sebagai wilayah, daerah, ranah.

Itulah sepintas tentang Pengertian Domain dalam Berbagai Perspektif Hubungan.

Selanjutnya : Ketika Indonesia Menjadi Salah-Satu Pusat Lalu Lintas Internet

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.