Peran Penting Trafik Organik Bagi Eksistensi Situs

Mengapa Trafik Organik Dijadikan Acuan Penting Search Engine?

Peran Penting Trafik Organik Bagi Eksistensi Situs - Kita telah mengenal berbagai macam sumber lalu-lintas atau sumber trafik bagi website atau blog. Yang termasuk sumber primer adalah trafik langsung, trafik rujukan, dan trafik organik. Tentang hal ini pembahasan singkatnya ada pada postingan Kontakmedia yang berjudul Berbagai Sumber Trafik Primer Bagi Website atau Blog.

Ketika Trafik Langsung Menjadi Andalan

Ketika anda membuka situs-situs ternama seperti milik Microsoft, Facebook, Lazada, Yahoo, ataupun Google apakah melalui kotak pencarian di suatu search engine terlebih dahulu? Jawabannya hampir dapat dipastikan tidak. Tidak, karena anda telah sedemikian mengenal nama domain mereka. Anda akan langsung mengetikkan url domain mereka di internet address bar.

Maka demikianlah, itu akan berlaku bagi situs-situs ternama. Dan setiap trafik yang didapat dari pengetikan url domain langsung di address bar disebut trafik langsung.

Perolehan trafik langsung juga umum terjadi pada situs-situs berita mainstream seperti Detik, Berita Satu, Liputan Enam, Kompas Online, Portal Piyungan, dsb. Jumlah trafik langsungnya bisa sangat banyak karena masing-masing dari mereka telah memiliki penggemar tetap atau segmen pembaca tetap.

Dengan trafik langsung yang sedemikian membludak apakah merekapun masih memerlukan trafik organik? Kita bisa menjawabnya demikian :
Mungkin mereka tidak terlalu memerlukan trafik organik, tetapi tetap akan membiarkan search engine untuk mengindeks-nya. Dengan demikian trafik organik akan menjadi tambahan yang menguntungkan.
Begitulah, dengan konten yang sedemikian melimpah, dan trafik langsung yang sedemikian membludak, maka selama mereka mengijinkan search engine untuk mengindeks, trafik organikpun akan mereka dapatkan.

Dalam keadaan seperti ini dimana trafik mereka membanjir, maka jika mereka mau bergabung dengan Google Adsense misalnya, akan sangat mudah disetujui. Urusannya hanya tinggal pada konten. Selama konten mereka tidak melanggar TOS dari Google, semuanya akan mudah.

Google Adsense memang memiliki daya tarik luar bisa, situs-situs seperti Viva dan Detik saja masih kesengsem untuk memasangnya.

Peran Trafik Organik

Di belantara maya internet ini mungkin ada milyaran situs, website, atau blog. Dan sebagian besar mereka justru tidak masuk pada kategori situs ternama. Dengan demikian akan sangat sulit memperoleh trafik langsung.  Nah di sinilah peran trafik organik menjadi sedemikian penting. Kuncinya bukan lagi pada popularitas situs tapi lebih kepada ditemukannya konten mereka di search engine melalui kata kunci tertentu.

Bagi situs-situs yang tidak populer seperti Kontakmedia ini, atau setidak-tidaknya hanya populer pada segmen kecil, kebutuhan akan trafik organik menjadi sedemikian krusial. Dan sekali lagi perlu ditekankan bahwa untuk memperoleh trafik organik maka yang sangat menentukan adalah kata kunci konten, bukan popularitas situs.

Hingga di sini sebenarnya telah dapat disimpulkan bahwa :
Konsep trafik organik diimplementasikan demi menegakkan prinsip keadilan bagi situs non populer ketika berhadapan dengan hegemoni situs populer. Prakteknya adalah dengan membuka persaingan di antara situs-situs non populer untuk memperoleh trafik atau kunjungan pada situs mereka. Dan trafik itu didapatkan dari trafik organik. 
Bagi search engine, terlepas dari soal popularitas suatu situs yang mereka indeks, kehadiran sedemikian banyak situs di belantara internet adalah sebuah peluang yang sangat besar.  Dan bagi situs-situs non populer search engine mengakomodir sekaligus mengambil manfaat dari mereka dengan konsep trafik organik tadi. Maka hubungan simbiosis mutualisma antara search engine dan situs non populer bisa terselenggara.

Itulah kira-kira gambaran Mengapa Trafik Organik Dijadikan Acuan Penting Search Engine?

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.