Salah Kaprah Tentang Peningkatan Kecepatan Internet

Salah Kaprah Tentang Peningkatan Kecepatan Internet

Salah Kaprah Tentang Peningkatan Kecepatan Internet - Di belantara internet ini sangat banyak tutorial yang membahas atau bertemakan peningkatan kecepatan internet.  Di sana kita dipandu untuk melakukan sejumlah penyetelan atau seting, mulai dari DNS hingga registry. Pertanyaannya, apakah benar itu mampu meningkatkan kecepatan internet yang kita pakai?

User Terbiasa Kehilangan


Kita ilustrasikan seorang user berlangganan internet kepada ISP A dengan kecepatan 5MBPS. Yang perlu kita pahami bahwa 5MBPS itu adalah kecepatan maksimal yang bisa dicapai, bukan kecepatan rata-rata atau kecepatan minimal yang pasti diperoleh. Dengan demikian, menurut pengalaman saya, angka kecepatan rata-rata yang dinikmati oleh user umumnya adalah di bawah 5MBPS.

Banyak faktor yang bisa menghambat hingga angka 5MBPS itu tidak bisa dicapai. Faktor-faktor tersebut bisa berupa masalah eksternal atau internal. Masalah eksternal tentu berkaitan dengan kualitas infra struktur jaringan. Adapun masalah internal berkaitan dengan peralatan atau media yang digunakan oleh si user yang bersangkutan.

Secara umum yang didapat dari pengalaman menggunakan berbagai ISP, ketika kita berlangganan internet dengan kecepatan 5MBPS maka rata-rata kecepatan aktual yang bisa dinikmati adalah antara 3.5 - 4.5 MBPS dan itu sudah tergolong bagus. Sisanya adalah losses atau kehilangan, bahkan tidak sedikit yang kecepatan rata-ratanya hanya 2.5MBPS saja.

Upaya Optimasi Kecepatan


Tadi telah disebutkan bahwa salah-satu yang mempengaruhi atau bisa menghambat kecepatan internet adalah faktor peralatan yang digunakan oleh user. Komputer yang memiliki spec rendah, atau komputer yang sedang terkena virus, sangat mungkin mengalami lemot jaringan. Hal yang lain adalah kondisi hardware yang belum dioptimasi, misalnya untuk kartu jaringan.

Tegas saya katakan bahwa sejumlah tutorial yang menawarkan tentang peningkatan kecepatan internet pada dasarnya adalah sekedar memandu untuk optimasi saja. Optimasi tersebut bertujuan agar user bisa berpeluang memperoleh kecepatan rata-rata mendekati maksimal.

Bila anda berlangganan 5MBPS misalnya, dan hanya bisa menikmati separuhnya, maka dengan adanya optimasi akan bisa atau dimungkinkan meraih kecepatan mendekati 5MBPS. Dan di sini yang perlu dicatat adalah bahwa usaha optimasi tidak akan mampu meningkatkan kecepatan internet anda menjadi di atas 5MBPS.

Lalu bagaimana caranya jika niat anda benar-benar ingin meningkatkan, bukan sekedar optimasi? Jawabannya adalah datanglah atau hubungi ISP tempat anda berlangganan, lalu katakan : "Saya ingin meningkatkan kecepatan internet dari 5MBPS menjadi 10MBPS. Berapa biayanya ya?"

Tapi sebelum itu lebih baik anda melakukan optimasi saja terlebih dahulu. Siapa tahu memang perlu ada setingan-setingan tertentu yang berguna.

Yang Perlu Anda Lakukan Saat Internet Terasa Lambat Berkepanjangan


Anggap anda berlangganan 5MBPS tadi dan ini sebenarnya tidak lambat untuk ukuran internet Indonesia. Bila anda mendapati internet terasa lambat berkepanjangan, maka lakukan saja beberapa hal ini :
  1. Yakinkan bahwa itu bukan karena faktor hardware atau software dari komputer anda. Untuk ukuran jaman sekarang, untuk PC atau notebook setidak-tidaknya telah menggunakan CPU i3 dengan RAM 2GB. Lalu pastikan bahwa pc tidak bervirus.
  2. Lalukan pengukuran kecepatan internet. Misalnya dengan menggunakn link SpeedTest.
  3. Bila anda dapati bahwa memang speed internetnya yang terlalu jauh dari yang seharusnya, yaitu sekitar 5MBPS, maka hubungi ISP anda dan ajukan keluhan.
Demikian postingan singkat saya yang berjudul Salah Kaprah Tentang Peningkatan Kecepatan Internet.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.