Tahapan Menuju Calon Master Blogger yang Sukses

Tahapan Menuju Calon Master Blogger yang Sukses

Merangkum postingan sebelumnya, penulis mendefinisikan Blogger Pemula yang Sukses adalah yang telah mampu mengisi konten blog-nya secara rutin. Hingga tahapan ini pencapaian seperti memiliki trafik tinggi, diterima oleh Google Adsense, dan atau memiliki pengunjung tetap belum bisa dicapai.

Ketika sang pemula ini terus meningkatkan kemampuannya, ia terus berusaha meningkatkan performa blog-nya, maka ia sedang menuju Calon Master Blogger yang Sukses.

Tahapan-tahapan yang harus dilalui agar bisa menjadi Calon Master Blogger yang Sukses adalah :

Meningkatkan Kualitas Template

Untuk meningkatkan kualitas template umum dilakukan hal-hal sebagai berikut :
  1. Membuang widget-widget yang kurang penting serta menambahkan atau mempertahankan yang perlu. Widget-widget yang penting bagi sebuah blog atau website sebenarnya tidak banyak. Selain main widget untuk menempatkan postingan, widget Popular Posts, Archive, dan Labels perlu dipasang. Adapun widget untuk iklan adalah opsional.
  2. Mengusahakan semaksimal mungkin agar internal javascript diubah menjadi external.
  3. Meningkatkan responsifitas untuk tampilan mobile. 
  4. Mengurangi ukuran html, termasuk css. Caranya adalah dengan membuang script-script yang tidak perlu.
  5. Menyederhanakan struktur template bila dipandang masih terlalu kompleks. Misalnya saja pada pembagian kolom. Sekarang ini sangat umum ditemukan template yang hanya terdiri dari dua kolom di luar header dan footer.
  6. Menambahkan Structure Data Makrup.
Semua tunning yang disebutkan di atas pada dasarnya berguna bagi kecepatan dan SEO Onpage blog.

Pada postingan-postingan selanjutnya penulis akan mengusahakan pembahasan pada detail teknis implementasi untuk setaip langkah di atas.

Meningkatkan Kualitas Postingan

Kualitas postingan ditentukan oleh berbagai hal seperti kualitas materi, tata kalimat, tipografi, penerapan EYD, standar istilah, penerapan kaidah SEO Onpage, kualitas gambar, dan kualitas video bila menggunakannya. Ya, secara umum postingan blog jauh lebih banyak menerapkan gambar dibanding video.

Postingan memang perlu memperhatikan dua hal yakni faktor Human Friendy dan SEO Friendly.

Relevan dengan topik yang sedang dibahas ini, penulis juga menyajikan postingan yang berjudul Antara Human Friendly dan SEO Friendly. Kemudian Konten Bukan Raja tapi Sekedar Hidangan Utama.

Resultante

Dengan kualitas template dan postingan yang ditingkatkan, maka peluang website atau blog mendapat peringkat yang lebih baik di search engine lebih terbuka.

Ketika telah sukses sebagai Calon Master Blog, maka blog yang bersangkutan mulai memiliki jatidiri sendiri, trafik blognya cukup tinggi dan stabil, serta mulai memiliki pembaca setia. Meskipun demikian, kualitas blog-nya dari sisi performa belum memenuhi syarat untuk bergabung dengan Google Adsense.

Mengapa Google Adsense yang jadi patokan? Karena standar blog atau website yang bisa memasang Google Adsense memang tinggi. Dalam banyak hal, seseorang berusaha kuat untuk bisa diterima sebagai publisher Google Adsense tidak semata-mata karena tergiur penghasilan, tetapi juga sebagai barometer apakah website atau blog-nya tersebut telah memiliki kualifikasi tinggi atau belum.




IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.