Akankah Hasil Akhirnya Jessica Kumala Wongso Bebas?

Akankah Hasil Akhirnya Jessica Kumala Wongso Bebas?

Hasil akhir sebagaimana dimaksud adalah untuk persidangan Jessica Kumala Wongso yang telah berlangsung sebanyak 26x itu. Sidang ke-26 beragenda pemeriksaan terdakwa, berlangsung hari Rabu tanggal 28 September 2016.

Ada jargon yang sangat populer di dunia hukum yaitu : Lebih baik membebaskan 1000 orang yang bersalah daripada menghukum 1 orang yang tidak bersalah.

Jargon seperti itu bisa diimplementasikan ketika majelis hakim berada dalam keragu-raguan yang sedemikian besar ketika harus mengetuk palu sebagai tanda keputusan pengadilan. Dalam kasus Jessica Kumala Wongso, apakah ada tanda-tanda majelis hakim memendam keraguan?

Sejauh yang penulis amati, kadar keraguan pada majelis hakim hampir tidak nampak sama-sekali. Bahkan ada kecenderungan bahwa mereka di dalam kenetralannya telah memiliki keyakinan. Lalu sidang demi sidang yang dilakukan hanyalah berdampak pada semakin menguatkan keyakinan mereka, bukan menggoyahkannya.

Dalam pandangan awam penulis, Jessica tidak akan lolos dari hukuman. Hingga di sini keyakinan penulis terkunci bahwa hasil akhir dari persidangan adalah ditetapkannya Jessica Kumala Wongso sebagai terpidana.

Lalu mungkinkah terjadi hal yang sebaliknya dimana Jessica Kumala Wongso malah dinyatakan bebas ? Ya mungkin saja, meskipun itu sama-sekali berada di luar keyakinan penulis.

Satu-satunya pernyataan yang bisa membebaskan Jessica adalah bahwa Dia tidak terbukti bersalah. Sekali lagi kalimatnya ditegaskan bahwa Dia tidak terbukti bersalah.

Kalimat dia tidak terbukti bersalah sangat berbeda maknanya dengan kalimat dia tidak bersalah.

Lalu mengapa kalimat sakti tersebut bisa keluar? Tidak lain tidak bukan apabila yang dijadikan dasar adalah bukti yang telak menampakkan bahwa Jessica Kumala Wongso memasukkan sianida. Atau ada saksi yang benar-benar melihat dia melakukan itu. Tapi itupun sebenarnya tetap bisa dimentahkan oleh fakta bahwa sedemikian banyak kasus perkosaan, dimana di sana tidak ada saksi, tapi pelaku tetap dihukum.

Semoga postingan ini bisa menemani anda minum kopi. Walaupun mungkin bukan Vietnamese Ice Coffe. Hehehe.

Sebelumnya : Setelah Persidangan Jessica Kumala Wongso Berakhir Nanti

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

1 komentar:

permisi, saya ingin memasang iklan di http://www.kontakmedia.com/

jika anda tertarik, silahkan hubungi kami di ulatbulu1355@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

terima kasih

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.