Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id

Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id

Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id adalah situs yang membahas teknik pertanian, perkebunan, dan peternakan modern.

Pertanian dan Peternakan

Jatidiri bangsa Indonesia adalah berkebudayaan agraris. Dan sungguh relevan bila kita memandang istilah budidaya, budaya, dan kebudayaan  dipandang sebagai sesuatu yang memiliki benang merah.

Ketika bangsa kita melakukan kegiatan menanam padi, budidaya lele, ikan naga, gurame, ayam, sapi, burung, kambing, kerbau, atau apapun yang berkaitan dengan peternakan, maka sesungguhnya bangsa kita tersebut sedang melakukan praktek berkebudayaan.

Pertanian, bidang yang satu ini tentunya merupakan sokoguru pangan dan ekonomi Indonesia. Dan bila menyebut pertanian maka ingatan kita akan langsung tertuju pada padi, yaitu bahan baku bagi beras. Beras inilah yang kita tahu dimasak jadi nasi dan menjadi makanan pokok bangsa Indonesia.

Dari sektor pertanian inilah Indonesia sempat memperoleh kebanggaan, yaitu ketika dulu mampu berswasembada beras atau berswasembada pangan, suatu prestasi yang harus diraih dari awal lagi bila saat ini kita ingin mengulanginya.

Ternak Hewan adalah salah-satu bidang yang menjadi garapan sebagian masyarakat Indonesia dalam kultur atau budaya agraris tersebut. Memang, beternak dengan segala dinamikanya masih menjadi salah-satu sokoguru perekonomian Indonesia selain pertanian. Hal ini bisa dimaklumi sebab populasi penduduk Indonesia sebagian besar terkonsentrasi di pedesaan. Dengan karakteristik pedesaan yang masih memiliki lahan kosong yang relatif luas, maka pekerjaan beternak adalah suatu pilihan logis.


Di jaman dulu sejauh ingatan kita bisa menjangkaunya, ilmu peternakan diwariskan dominan secara lisan turun-temurun. Setelah itu berkembang dengan adanya catatan atau buku sebagai sarana lain selain dengan cara lisan. Pada periode ini pula muncul berbagai lembaga pendidikan formal yang mendidik siswanya agar menjadi ahli peternakan.

Sektor peternakan, di era modern seperti sekarang ini, tentu mengalami apa yang disebut transformasi teknologi. Meskipun prinsip beternak adalah sama dari jaman ke jaman, yaitu memelihara hewan dengan teknik-teknik tertentu, tetapi teknologi yang digunakan tentu telah mengalami perubahan atau perkembangan.

Situs ilmuhewan.com menginformasikan banyak hal yang berkaitan dengan peternakan, mulai dari pakan hewan, penyakit hewan, ternak hewan, hingga tips dan trik. Inilah salah-satu bentuk peran-serta dalam hal memajukan peternakan Indonesia.

Kandungan atau konten dari situs agroteknologi.web.id dan situs ilmuhewan.com sangat lengkap. Dan sebagaimana yang berlaku pada pertanian, untuk peternakanpun mengenal Klasifikasi. Dengan adanya pengklasifikasian tersebut, kegiatan peternakan bisa dilakukan secara sistematis, optimal, dan tepat sasaran.

Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia

Forum Pertanian merupakan kegiatan yang penting dilakukan bagi mereka yang aktif atau bekerja di bidang pertanian. Dengan adanya forum ini maka proses saling bertukar informasi bisa dilakukan secara sistematis dan berkala.

Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia menjadi bagian dari aktivitas atau kegiatan Agroteknologi.

Manfaat dari adanya suatu forum tersebut adalah :
  1. Para anggota bisa saling mengenal dan bertukar informasi,
  2. Para anggota bisa secara kolektif melahirkan inovasi demi inovasi,
  3. Para anggota bisa berembug untuk menyelesaikan masalah bersama,
  4. Para anggota bisa bersama-sama menyusun suatu standar.
Melihat berbagai manfaat yang ada, forum ini perlu digalakkan baik secara offline maupun online. Dan tentu saja masyarakat dan pemerintah perlu bahu-membahu dalam hal ini. Targetnya tiada lain adalah mengembalikan kejayaan pertanian Indonesia. Semoga.

Demikian ulasan singkat Kontakmedia kali ini dalam tema Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id.


Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.