Implementasi Yoast SEO pada Postingan di Blogspot

Implementasi Yoast SEO pada Postingan di Blogspot

Implementasi Yoast SEO pada Postingan di Blogspot - Yoast SEO dikenal sebagai salah-satu plugin yang banyak digunakan pada Wordpress. Dengan plugin tersebut kita bisa mengatur postingan agar SEO dan Readable.

Pada dasarnya plugin tersebut bekerja seperi indikator yang memberi tanda apakah sebuah postingan telah SEO Friendly atau belum. Ketika belum SEO maka perlu dilakukan kustomasi pada judul, postingan, deskripsi, dan sebagainya.

Jika kita telah paham apa saja yang harus diseting berdasarkan indikasi dari Yoast SEO tersebut, maka plugin tersebut bisa dihapus.

Lalu dapatkah itu diterapkan pada Blogspot?

Secara plugin kita tentu tidak bisa menggunakan Yoast SEO pada Blogspot tetapi secara prinsip kerja tentu saja dapat. Bila kita telah memahasi seting Yoast SEO untuk postingan di Wordpress maka setingan itu pulalah yang kita terapkan di Blogspot. Setingan tersebut adalah :
  1. Postingan terdiri dari minimal 300 kata.
  2. Untuk setiap kelipatan dari 300 kata tersebut menyisipkan 1 heading, misalnya saja h3. Penerapannya bisa pada sub judul. Ini untuk memenuhi syarat readable.
  3. Kata kunci yang dibidik harus ada pada judul postingan, sebuah heading, slug atau canonical, paragraf pertama, dan deskripsi.
  4. Panjang judul maksimal 59 karakter berikut spasi.
  5. Panjang slug maksimal 40 karakter.
  6. Panjang deskripsi maksimal 155 karakter.
  7. Ada inbond link atau outbond link.
  8. Ada gambar postingan dengan tag alt.
  9. Prosentasi jumalh keyword yang baik adalah 1% dari total jumlah kata.
Satu hal yang perlu kita ingat adalah seting atau Implementasi Yoast SEO ini juga perlu diiringi oleh pemilihan judul dan konten yang baik serta berkualitas.

Dalam beberapa kasus, misalnya pada Kontes SEO, terkadang Yoast SEO-pun tidak dapat dimaksimalkan hingga 100%. Salah-satu penyebabnya adalah penyelenggara menetapkan judul yang terlalu panjang, keyword yang terlalu panjang, atau keyword yang terlalu umum.

Banyak yang berpendapat bahwa SEO ini bukan semata-mata teknis melainkan juga seni. Dengan demikian penerapannya tidaklah saklek atau kaku. Banyak artikel atau postingan yang viral tanpa sedikitpun memperhatikan faktor SEO ini. Kalaupun ada yang difokuskan oleh pemosting, maka mereka lebih fokus pada kualitas konten dan unsur human friendly.

Demikianlah.
Implementasi Yoast SEO pada Postingan di Blogspot

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.