`

Perbandingan Aneh yang Tidak Apple to Apple

Perbandingan Aneh yang Tidak Apple to Apple


Perbandingan Aneh yang Tidak Apple to Apple - Saya hanya bisa "nyengir" ketika banyak perbandingan yang tidak apple to apple, misalnya saja betapa rapinya bebek berbaris saat berjalan dibandingkan dengan kesemrawutan lalu-lintas di kota besar.

Kalau mau membandingkan, ambil yang setara. Misalnya betapa rapinya disiplin lalu-lintas di kota A dibandingkan dengan kesemrawutan di kota B. Atau di antara kota yang sama-sama rapi. Juga di antara kota yang sama-sama semrawut.

Atau mungkin pada dasarnya sebagian dari kita telah kehilangan rasa keadilan, sehingga manusia dibandingkan dengan binatang. Dan kalah pula si manusianya.

Ya seperti itulah jika tidak ditentukan standarnya, alias cara berpikir liar. Naluri binatang koq dibandingkan dengan akal pikiran manusia.

Kalau naluri kan tidak bisa memilih, hampir persis seperti mesin, disuruh rapi ya rapi.  :-)

Kalau mau membandingkan, adalah yang sama-sama menggunakan akal-pikiran, mengapa di kota A bisa rapi sedangkan di kota B tidak, padahal sama-sama dikelola oleh manusia yang dianugerahi atau diamanahi akal-pikiran.

Karena diamanahi akal-pikiran, maka jika memilih jalan baik akan memperoleh berkah. Berbeda dengan bebek, yang ketika meemilih jalan baik hanya karena naluri.

Dalam rapat kemarin muncul pula perbandingan yang tidak seimbang. Gaji terendah di BUMN pabrik baja dibandingkan dengan gaji terendah di Google.Inc, ya mana sepadan. Padahal membandingkan di antara sesama pabrik baja saja harus yang selevel.

Di antara sesama petinju saja yang pantas dibandingkan adalah di kelas yang sama, misalnya antara Muhammad Ali dengan Mike Tyson, bukan dengan Christ John.

Kembali ke paragraf pertama, tidak ada bedanya dengan membandingkan antara Mike Tyson terhadap domba aduan.

Lingkup yang Lebih Logis

Ungkapan Aplle to Aplle bila benar-benar dipahami secara apa adanya kalimat maka lingkupnya akan sangat spesifik, yaitu terhadap dua benda atau objek yang berjenis sama. Kita misalkan saja apel.

Apel Malang tentu logis bila dibandingkan dengan apel Swiss, dan itu lebih adil dibanding antara apel dengan jambu batu, meskipun sama-sama berjenis buah-buahan.

Dalam hal tertentu, membandingkan apel dengan jambu batu bisa saja diterima, misalnya ketika membandingkan mana yang lebih banyak mengandung vitamin C. Tetapi membandingkan jambu batu dengan jambu batu lagi tetap akan lebih adil

Iklan Ini Bukan Bagian Dari Artikel

No comments:

Iklan

Lowongan Kerja

Hot Info

Hot Info

Kontes seo nahwa travel

Hot Info

Kontes SEO terbaru MelamineMall.com

Hot Info

Kontes SEO Gloria

Hot Info

NISSAN X-TRAIL, MOBIL SUV PALING TANGGUH DAN NYAMAN

Hot Info

asport

Hot Info

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Arsip