Mengapa Kita Perlu Menyusun Sejumlah Standarisasi?

Mengapa Kita Perlu Menyusun Sejumlah Standarisasi?

Mengapa Kita Perlu Menyusun Sejumlah Standarisasi? - Pada dasarnya ada beberapa hal yang sedemikian didambakan oleh manusia saat bekerja. Beberapa hal tersebut adalah :
  1. Kemudahan. Pada konteks ini manusia lebih senang bila menemui kemudahan. Atau jikapun menyukai kesulitan, maka pada dasarnya lebih terdorong oleh naluri menyukai tantangan.
  2. Kenyamanan. Memang, kenyamanan tidak selalu identik dengan kemudahan, tetapi secara fitrah manusia akan menyukai keamanan,
  3. Keamanan. Manusia senang apabila dalam bekerja keamanannya terjamin.
  4. Kualitas. Manusia lebih senang bila mampu memroduksi hal-hal yang berkualitas tinggi
  5. Daya Guna dan Hasil Guna. Pada tataran tertentu, manusia mengalami aktualisasi diri apabila mampu mengkreasi hal-hal yang berguna bagi orang banyak.
Poin-poin tersebut di ataslah yang pada akhirnya mendorong manusia menyusun sejumlah standarisasi, karena dalam banyak hal perlu melakukan banyak kolaborasi dan bersinergi.

Standarisasi pada stop kontak

Pernahkah anda memerhatikan bahwa ada sedemikian banyak kemudahan yang didapat ketika, misalnya, seorang teknisi sedang memasang instalasi listrik. Dan itu merupakan hasil dari standarisasi. Besar dan jarak lubang pada stop kontak telah memiliki standar tertentu, yang dengan standar tersebut maka merk apapun yang dibeli akan pas terhadap stekernya. Tentu saja setiap standar akan efektif berfungsi sesuai dengan kategori atau kelasnya. Peralatan listrik untuk rumah atau kantor akan berbeda dengan peralatan listrik untuk pabrik besar.

Bila kita memerhatikan reruntuhan bangunan pada jaman Majapahit misalnya, kerap ditemukan bata-bata yang ukurannya berbeda-beda. Meskipun tetap menghasilkan bangunan yang kokoh, tetapi pada kondisi tertentu para pembuat bata itu berpikir bahwa bila ada standarisasi maka hasilnya akan jauh lebih baik.

Dunia kuliner juga bisa kita jadikan contoh. Untuk tetap mempertahankan kualitas rasa, maka para koki profesional meramu resep yang telah distandarisasikan. Komposisi antara bahan, bumbu, dan cara memasak standarnya ditetapkan sedemikian rupa sehingga siapapun yang memasaknya, selama patuh pada standar tersebut, akan mampu menghasilkan masakan yang enak.

Jika hingga pada jaman ini ukuran bata belum distandarisasi, mungkin dampak negatifnya tidak akan terlalu parah, tapi bagaimana jika itu terjadi pada peralatan listrik? Betapa merepotkannya jika voltase untuk rumah bisa semau gue, tidak ditetapkan 220 Volt. Betapa akan banyak hambatannya jika lubang pada stop-kontak berbeda-beda besar dan jaraknya. Dan sebagainya.


Mengapa Kita Perlu Menyusun Sejumlah Standarisasi?


No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.