Apa yang Dimaksud dengan Sistem pada Organisasi?

Apa yang Dimaksud dengan Sistem pada Organisasi?

Apa yang Dimaksud dengan Sistem pada Organisasi? - Dalam berbagai diskusi atau pembicaraan tentang organisasi, kerap terlontar istilah sistem. Lalu apakah yang dimaksud dengan sistem tersebut? Perkenankan Kontakmedia untuk membahasnya.

Untuk memudahkan pemahaman, Kontakmedia akan menggunakan komputer sebagai asosiasi dan atau permisalan. Harapannya tiada lain agar lebih mudah dipahami. Pada komputer, apapun jenis dan modelnya, dikenal istilah hardware serta software. Kemudian di luar itu dikenal istilah brainware.

Hardware adalah bagian komputer yang bisa diindera secara fisik. Di antara yang termasuk hardware adalah CPU, RAM, harddisk, motherboard, dan sejenisnya. Kemudian yang termasuk software adalah Operating System, firmware, bios, driver, program, dan sejenisnya. Lalu yang dimaksud brainware adalah manusianya, apakah itu programmer, juru ketik, operator, dan lain-lain.

Bila terminologi tersebut kita sematkan pada organisasi, maka hardware adalah infra struktur, software adalah aturan/regulasi, sedangkan brainware adalah sumber daya manusia (sdm). Pada software tadi telah disebutkan ada Operating System, maka pada aturan atau regulasi organisasi ada sistem.

Pada Operating System kita bisa menginstalasikan program, driver, firmware, bios, tools, dan aneka plug-in/add-ons, maka pada Sistem Organisasi kita bisa menyematkan instruksi kerja, tata-tertib, dan aturan detail lainnya. Jadi apakah konkritnya yang dimaksud sistem pada sebuah organisasi?

Sistem pada sebuah organisasi adalah tatanan dasar, panduan dasar, dan atau aturan dasar yang harus ada agar sebuah organisasi bisa beroperasi. Secara umum sistem tersebut terdiri dari Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Sasaran Kerja, dan Standar Prosedur Operasi.

Sebuah komputer yang padanya hanya diinstalasikan sebuah Operating Sistem belum tentu memenuhi syarat untuk menghasilkan sesuatu, oleh karena itu ditambahi dengan berbagai program seperti Office, pengolah gambar, pengolah teks, pengolah audio, pengolah video, dan lain-lain. Hal ini juga berlaku pada Sistem Organisasi yang kepadanya perlu ditambahkan program kerja. Maka setelah disusun program kerjalah sebuah organisasi bisa beroperasi menuju visi-misinya.

Satu poin penting lagi, bahwa pada dasarnya baik hardware maupun software adalah sesuatu yang perlu dibeli atau memerlukan cost (biaya). Organisasipun demikian, itu memerlukan pendanaan. Maka untuk program kerja organisasi bisa, bahkan harus, disusun suatu Rencana Kerja dan Anggaran (RKA).



Apa yang Dimaksud dengan Sistem pada Organisasi?


IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.