Mengenal Berbagai Model Organisasi Tenaga Kerja

Mengenal Berbagai Model Organisasi Tenaga Kerja

Mengenal Berbagai Model Organisasi Tenaga Kerja - Di Indonesia dikenal bermacam-macam istilah yang merujuk pada tenaga kerja atau man power. Istilah-istilah tersebut adalah pegawai, karyawan, pekerja, dan buruh.

Istilah buruh merupakan peninggalan jaman feodal dimana orang melakukan pekerjaan tangan atau pekerjaan kasar seperti kuli, tukang yang melakukan pekerjaan berat dan kotor, yang lebih dikenal dengan nama blue collar.

Istilah tenaga kerja dan pekerja dapat dijumpai pada Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003.

Dalam berbagai seminar yang pernah diadakan di Indonesia sering diperdebatkan tentang istilah yang sebaiknya dipakai, apakah istilah buruh, tenaga kerja atau pekerja, namun belum ada kesatuan pendapat tentang hal ini.

Sementara itu Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi menggunakan istilah “pekerja” untuk mengganti istilah “buruh”

Istilah karyawan lebih lazim digunakan bagi orang yang bekerja pada lembaga negeri, misalnya saja karyawan Universitas Diponegoro bukan buruh “UNDIP”. Juga untuk mereka yang bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebutan karyawan BUMN adalah hal yang lazim terdengar, meskipun ada pula yang menyebutnya sebagai pegawai BUMN.

Kemudian istilah pegawai telah lama dipakai untuk tenaga kerja yang bekerja pada struktur pemerintahan. Mereka disebut sebagai pegawai negeri. Kita juga mungkin masih ingat dengan Korpri yang merupakan singkatan dari Korps Pegawai Republik Indonesia.

Bagi tenaga kerja di perbankan, mereka disebut dengan dua istilah umum yaitu pegawai atau karyawan. Pegawai bank dan karyawan bank, kedua istilah itu sangat akrab di telinga kita.

Berbagai varian nama ini telah melahirkan berbagai nama pula ketika sekelompok tenaga kerja tersebut mendirikan organisasi-organisasi buruh/pekerja/karyawan/pegawai. Beberapa di antaranya adalah :

1. Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI).
2. Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI).
3. Serikat Karyawan Krakatau Steel (SKKS).
4. Serikat Pegawai Bank Mandiri (SPBM).
5. Korps Pegawai Republik Indonesia
6. Federasi Serikat Pekerja Pertamina Terpadu

Lebih lanjut silahkan baca : Model Organisasi Tenaga Kerja di Indonesia



IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.