Niche Blog adalah Blog yang Membahas Bidang Tertentu

Niche Blog adalah Blog yang Membahas Bidang Tertentu

Niche Blog adalah Blog yang Membahas Bidang Tertentu - Sekarang kita akan bahas tentang jenis-jenis Niche Blog.

Secara umum ada empat jenis niche blog, menurut John James Robinson dalam e-booknya  The Authority Site Adsense Guide.

Whole-niche
Yaitu niche blog yang membahas keseluruhan jangkauan topik. Misalnya bila blog Anda membahas seputar Blogger, maka Anda membahas seluruh topik, mulai dari desain Blogger, panduan Blogger, SEO Blogger, dan template Blogger.

Broad-niche
Yaitu niche blog yang tidak membahas keseluruhan topik, melainkan sebagian besarnya saja. Contoh, bila blog Anda membahas seputar Blogger, maka blog Anda akan membahas bagaimana blog bisa menghasilkan uang, jadi pembahasannya meliputi, SEO untuk blogger, hingga monetisasi blog Blogger Anda.

Themed-niche
Yaitu niche blog yang sudah mengarah ke suatu topik tertentu. Contohnya blog Anda topiknya seputar Blogger, maka pembahasan di blog Anda hanya monetisasi saja, atau seo off page untuk blogger saja.

Micro-niche
Yaitu niche blog yang sangat spesifik. Contohnya, topik blog Anda adalah seputar blogger, maka pembahasan di niche blog Anda nantinya hanya membahas seputar blogging.

Bayangkan bahwa anda akan membuat dan mengelola blog yang niche-nya adalah Kuliner. Sejurus kemudian anda berpikir bahwa itu cakupannya terlalu luas, kemudian mempersempitnya dengan niche Kuliner Indonesia. Tapi itupun dirasa masih terlalu luas, kemudian mempersempitnya lagi menjadi niche Kuliner Betawi. Ah, kuliner Betawi itu kan bermacam-macam, maka anda makin mempersempitnya lagi menjadi sangat spesifik, yaitu niche Kerak Telor. Ketika anda menentukan Kerak Telor sebagai niche, maka itulah yang disebut Micro-Niche. 

Pada dasarnya berdasarkan bidang yang dibahas, hanya ada dua jenis blog, yaitu General Blog dan Niche Blog. General Blog ini yang secara umum sering disebut Blog Gado-Gado. Contohnya adalah blog yang sedang anda baca ini.

Masing-masing jenis memiliki kekurangan dan kelebihan. Tentang hal ini dapat anda baca pada Perbandingan antara Niche Blog dengan General Blog.



Niche Blog adalah Blog yang Membahas Bidang Tertentu



IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.