Pengertian Sistem pada Lembaga atau Organisasi

Pengertian Sistem pada Lembaga atau Organisasi

Pengertian Sistem pada Lembaga atau Organisasi - Untuk memahami pengertian Sistem pada lembaga atau organisasi, kita bisa menganalogikan pada cara kerja sebuah personal komputer.

Personal Komputer terdiri dari hardware dan software, kemudian yang mengoperasikannya disebut brainware. Di antara software ada yang disebut Operating System.

Personal Komputer yang telah mengandung Operating System dapat melakukan :
  1. Beberapa operasi dasar seperti menghidupkan dan mematikan pc, menampilkan GUI, browsing internet, membaca device, updating.
  2. Menginstalasikan program yang diperlukan seperti Anti Virus, Office, dsb.
  3. Menginstalasikan firmware, bios, dan device driver.
Gambaran pada personal komputer itu mirip seperti organisasi. Deskripsinya adalah ketika organisasi telah memiliki sistem, maka bisa melakukan hal-hal sebagai berikut :
  1. Organisasi bisa melakukan beberapa operasi dasar seperti menyusun struktur organisasi, mendirikan kantor, dsb.
  2. Menyusun kalender kegiatan, menyusun program kerja, melaksanakan dan mengevaluasikannya.
  3. Menetapkan anggaran, menyelenggarakan rapat-rapat, dsb.
Dengan gambaran seperti itu, maka yang dimaksud dengan sistem pada organisasi adalah pijakan-pijakan mendasar seperti Visi, Misi, AD/ART, Slogan, Standar Prosedur Operasional. Petunjuk Pelaksanaan, dan Tata Tertib.

Setelah organisasi memiliki sistem, maka barulah dapat disusun program kerjanya.

Ketika pada sebuah PC telah terinstal suatu program, misalnya saja Microsoft Office, maka ia telah siap untuk memroduksi sesuatu, misalnya saja surat atau dokumen. Hal ini berlaku pula untuk sebuah lembaga atau organisasi, ketika telah ada program kerja, maka ia siap memroduksi sesuatu yang sesuai dengan tujuan organisasi.

Adapun secara umum pengertian sistem dapat diuraikan sebagai berikut :
Sistem berasal dari bahasa Yunani, system. Sehingga Gerald,et.al. (1981) mendefinisikan sistem ialah tata cara kerja yang saling berkaitan, dan bekerjasama membentuk suatu aktivitas atau mencapai suatu tujuan tertentu.
Sementara itu Banghart (1990) menyebutkan bahwa sistem ialah sekelompok elemen-elemen yang saling berkaitan yang secara bersama-sama diarahkan untuk mencapai tujuan yang ditentukan.
Lebih jauh Murdick & Ross (1982) mendefinisikan sistem sebagai seperangkat unsur yang melakukan suatu kegiatan atau membuat skema dalam rangka mencapai tujuan dengan mengolah data dan atau energi serta barang-barang dalam waktu tertentu untuk menghasilkan informasi dan energi atau benda.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.