Mereka yang Menjadi Rebutan Jaman

Mereka yang Menjadi Rebutan Jaman

Mereka yang Menjadi Rebutan Jaman - Pada sadarnya hanya ada tiga kriteria manusia di marcapada ini bila ditinjau dari nama besarnya untuk level dunia atau minimal level negara. Tiga kriteria tersebut adalah :
  1. Memiliki nama besar dalam konteks positif,
  2. Memiliki nama besar dalam konteks negatif,
  3. Tidak memiliki nama besar.
Orang-orang besar yang semasa hidupnya bergelimang dengan kemuliaan dan atau prestasi memang kerap kali menjadi rebutan klaim. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan para tokoh yang anatagonis, misalnya saja Firáun. Hingga saat ini tidak ada satupun bangsa yang memperebutkan eksistensi Firáun. Bangsa-bangsa itu nampaknya puas dengan catatan sejarah bahwa Firáun berasal dari Mesir.
Mereka yang memiliki nama besar dalam konteks positif tidak jarang menjadi rebutan. Tentu saja ada banyak nama, tetapi dalam artikel ini tidak akan disebut seluruhnya. Siapa sajakah mereka?

Adam AS


Meskipun diturunkannya Adam AS ke dunia karena sebuah insiden, yaitu menentang larangan-NYA, akan tetapi secara ketokohan beliau berada pada konotasi positif. Beliau adalah bapak bagi segenap umat manusia hingga akhir jaman nanti.

Sosok Adam AS ini menjadi rebutan beberapa bangsa, setidak-tidaknya melalui wacana ilmiah atau mungkin diilmiahkan. Ada yang menyebutkan bahwa beliau diturunkan di jazirah Arab. Di pihak lain ada yang menyebutkan di tanah Hindustan. Dan meskipun minor, ada pula yang mengklaim bahwa Adam AS ini diturunkan di wilayah yang sekarang disebut Nusantara.

Muhammad SAW


Secara historis jelas Muhammad SAW ini lahir, artinya diturunkan, di jazirah Arab. Namun demikian, tidak sedikit yang berusaha mewacanakan bahwa beliau bukanlah tulen berdarah Arab. Beberapa wacana minor (artinya di sini adalah memiliki gaung kecil), menyebutkan atau mengklaim bahwa mungkin saja orang tua beliau bukanlah bangsa Arab melainkan perantau yang berdomisili di Arab. Lagi-lagi bangsa Nusantara ada yang terlibat mengklaim ini. Dikatakan bahwa Siti Aminah itu mungkin saja berasal dari Bani Jawi.

Dua nama besar di atas adalah yang berlevel dunia - akhirat. Di luar nama itu ada banyak nama lain yang levelnya hanya sebatas bangsa atau negara. Mereka adalah :


Gajah Mada


Nampaknya Gajah Mada merupakan sosok tertinggi dalam hal menggenggam nama besar di Nusantara. Namanya sedemikian mengkilap sebagai sosok yang paling sukses sebagai pemersatu Nusantara. Hasil kerja Gajah Mada, tentu ia tidak sendirian, kini banyak membekas di Indonesia. Maka demikianlah, luas wilayah Indonesia kini adalah hampir seluas wilayah kekuasaan majapahit.

Gajah Mada menjadi sedemikian fenomenal karena sumpahnya yang terkenal yaitu Amukti Palapa. Di antara para tokoh Nusantara, hanya ada dua yang ternama karena dorongan sumpah yaitu Mpu Gandring dan Gajah Mada.

Sang mahapatih kenamaan ini tidak luput jadi bahan rebutan mengenai asal-usulnya. 


Selanjutnya : Penjajahan, Apakah Selalu Berkonotasi Negatif?


Iklan Ini Bukan Bagian Dari Artikel

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.