Perbedaan Mendasar Antara Website dan Blog


Istilah website lebih dahulu dikenal sebelum blog dan akhir-akhir ini cukup membingungkan bagi yang berusaha memahami perbedaannya namun bukan sebuah masalah bagi yang enjoy-enjoy saja. Lalu apa perbedaan antara website dan blog itu?

Dari berbagai literatur yang ada, saya menemukan beberapa hal yang berhubungan dengan website dan blog yaitu :

Website dihubungkan dengan istilah www atau word wide web. Di sini website diartikan sebagai sesuatu yang ditampilkan melalui jaringan dunia (internet) agar bisa diakses oleh siapapun di belahan dunia manapun. Sesuatu yang ditampilkan tersebut mengandung sejumlah informasi yang bisa terdiri dari tulisan, gambar, video, dan audio. Setelah kemunculan blog, maka jalur www inipun bisa digunakan untuk menampilkan blog.

Word wide web sendiri pengertiannya adalah suatu ruang informasi  yang terdiri dari sekumpulan server web di seluruh dunia. WWW sering dianggap sebagai internet itu sendiri meskipun sebenarnya cakupan internet jauh lebih luas, atau dengan kata lain www hanyalah bagian dari internet.

Website itu membawa nama organisasi, korporasi, atau perkumpulan. Oleh karenanya bahasa yang digunakanpun bergaya formal atau resmi. Konten-kontennyapun tentu yang berlingkup perusahaan, bukan hal-hal yang bersifat pribadi.

Blog diperuntukkan bagi pribadi atau perorangan. Bahasa standar yang digunakan pada blog tidak diatur secara khusus. Boleh menggunakan bahasa baku yang formal maupun bahasa santai.

Sebuah website bisa mengandung beberapa blog. Misalnya ada sebuah perusahaan yang memiliki website, kemudian pada website tersebut diberi ekstensi atau subdomain berupa blog bagi personal-personalnya. Kemudian rule of gamepun dibuat, kira-kira begini :

Segala hal yang berhubungan dengan perusahaan akan diekspresikan melalui website, adapun yang berhubungan dengan kepentingan pribadi karyawannya akan diekspresikan melalui blog masing-masing. Website perusahaan tersebut memiliki domain http://www.perusahaan.com misalnya saja, maka untuk blog-nya bisa seperti ini : http://www.blog.perusahaan.com.

Fungsi website umumnya lebih kompleks dibanding blog, oleh karena itu banyak yang menggunakan cms yang diinstal di self hosted. Pada self hosted inilah bisa diinstalasikan database seperti mysql atau sql server sehingga perusahaan pemiliknya memiliki database sendiri yang kustomabel. Hal inilah yang tidak bisa diperoleh dari platform yang murni untuk ngeblog seperti Blogspot.

Bila kita membuka http://www.microsoft.com/id-id/ maka itulah salah-satu contoh website. Adapun Blogspot yang sedang kita pakai ini jelas blog. Bagi perusahaan-perusahaan besar, bahkan servernyapun milik sendiri. Mereka tidak menyewa hosting.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: