Kamis, 30 Juni 2016

Analisa Penyebab Mengapa Arab Saudi Tidak Pernah Dijajah


Analisa Penyebab Mengapa Arab Saudi Tidak Pernah Dijajah - Negara ini terkenal sebagai tempat kelahiran Nabi Muhammad. Ibu kotanya adalah Riyadh. Arab Saudi merupakan pusat awal perkembangan Islam di dunia.

Arab Saudi menerapkan sistem Kerajaan dalam pemerintahannya. Mereka sangat kaya dengan sumber minyak. Sepanjang sejarahnya negeri yang paling banyak dikunjungi umat Islam ini tidak pernah sekalipun dijajah oleh negara manapun.

Dari sisi kekayaan alam, meskipun tidak seberagam Nusantara, Arab Saudi adalah negara yang sangat layak untuk dijajah. Setidak-tidaknya bila minyak bumi yang jadi patokan. Pertanyaannya mengapa mereka tidak dijajah?

Ada beberapa alasan yang nampaknya menjadi penyebab mengapa negara ini luput dari jarahan para penjajah. Di antaranya adalah :
  1. Masyarakat Arab Saudi bukanlah pihak yang mudah dipecah-belah. Meskipun sejarah mencatat bahwa di antara merekapun pernah terjadi perang saudara, tetapi rekonsiliasinya cepat. Mereka bisa saja bertikai di antara sesamanya tetapi segera solid bila ada infiltrasi dari luar.
  2. Sekalipun memiliki minyak bumi berlimpah, iklim Arab Saudi yang panas dan gersang merupakan hambatan tersendiri bagi para penjajah yang umumnya berasal dari Eropa.
  3. Bila berbicara soal kekuatan fisik manusia-manusianya, maka setidak-tidaknya telah teruji pada jaman rasulullah. Pada jaman itu angka kematian bayi secara alami sangat tinggi. Dengan demikian yang tinggal hidup adalah yang telah lulus seleksi alam. Hal ini terus berlanjut hingga jaman para penjajah Eropa merajalela. Dan rupanya kekuatan fisik bangsa Arab termasuk yang ditakuti oleh bangsa eropa.
  4. Secara perhitungan ekonomis, strategis, dan tingkat kesulitan maka para penjajah merasa lebih baik jika menjajah negeri-negeri semacam Nusantara.
Selanjutnya : Mereka yang Menjadi Rebutan Jaman
Baca juga : Arab Tidak Pernah Dijajah atau Menjajah

Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Analisa Penyebab Mengapa Arab Saudi Tidak Pernah Dijajah, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.