Perbedaan Template dengan Tema

Perbedaan Template dengan Tema

Perbedaan Template dengan Tema - Seorang rekan bertanya tentang apa bedanya antara template dengan tema. Beberapa saat saya termangu karena jujur saja tidak mengetahui sekaligus sebelumnya tidak merasa perlu mendalaminya. Ya, bagi saya dan mungkin bagi beberapa praktisi teknologi informasi umumnya, atau bagi para praktisi website pada khususnya, tidak terlalu merasa urgent  pada perbedaan arti dari tema dan template.

Setelah menimbang-nimbang, saya memutuskan untuk menjawabnya secara praktikal. Yang dijadikan objek adalah tampilan Windows 7. Setiap kali diubah tema atau theme-nya maka yang berubah adalah hal-hal yang bersifat appearance atau tampilan seperti tata-warna, wallpaper, dan model-model icon. Khusus untuk model-model icon, itupun hanya terjadi bila menggunakan tema yang bukan bawaan asli Windows 7. Jadi tidak ada perubahan mengenai tata-letak, pengistilahan, dan ukuran.

Setelah itu saya membuka Blogger, saya ganti-ganti templatenya. Maka berubahlah tata-warna, tata-letak, dan ukurannya. Ya hanya itu yang bisa saya lakukan, yaitu mengambil dua objek berbeda karena istilah theme dikenal pada Windows yang justru tidak mengenal istilah template. Sebaliknya Blogger mengenal istilah template tetapi meragukan jika iapun mengenal istilah theme.

Sebenarnya saya tetap belum bisa menyimpulkan secara bulat dan pasti. Namun setidak-tidaknya bisa mengatakan demikian :

Tema hanyalah tampilan yang terutama menyangkut tata-warna. Adapun template selain menyangkut tata-warna juga menyangkut tata-letak, bentuk, serta ukuran. Tema hanya berpengaruh pada warna, sedangkan template berpengaruh pada warna, ukuran, tata-letak dan juga bentuk. Dengan demikian pada satu model template kita bisa mengubah-ubah temanya, sebaliknya pada satu tema kita tidak bisa mengubah-ubah templatenya.

Ada contoh lain yang mungkin lebih bisa menjelaskan yaitu mengenai tema tulisan dengan template tulisan. Istilah ini dikenal pada dunia karang-mengarang. Tema tulisan adalah kalimat yang menjiwai suatu tulisan, sedangkan template tulisan adalah struktur atau kerangka yang menyangkut ketentuan tentang jumlah halaman, jumlah bab, nama-nama bab, jenis dan ukuran huruf, sistematika pembahasan, dan mungkin ada pula kolom pengesahan.

Demikian kira-kira perbedaan antara tema dengan template. Intinya pengertian template itu jauh lebih luas daripada theme atau tema. Pendapat ini lebih bersifat dari pribadi saya dan tidak berdasarkan pada suatu literatur. Jadi sangat terbuka bagi yang ingin melengkapi atau bahkan mengoreksi.

Sekian sajian dari Kontak Media Online, semoga bermanfaat.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: