Komunitas Teknik Informatika Menembus Batas Kawasan

Komunitas Teknik Informatika Menembus Batas KawasanIndividu adalah organisme tunggal yang termasuk dalam spesies tertentu. Dalam ilmu biologi, istilah individu tidak hanya disematkan pada manusia. Dengan demikian seekor kucing, sebatang pohon, dan seorang manusia adalah individu.

Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang berkumpul dan hidup pada suatu daerah dan waktu tertentu. Bagi manusia populasi bisa saja dikelompokkan berdasarkan usia, jenis kelamin, status sosial, pekerjaan, dan berbagai atribut lainnya.

Komunitas adalah suatu kumpulan dari berbagai populasi pada suatu kawasan tertentu yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain. Jadi lingkup komunitas adalah lebih luas dibanding populasi.

Contoh dari komunitas adalah para karyawan di sebuah perusahaan. Perusahaan atau pabrik baja misalnya. Mereka menempati suatu kawasan tertentu, saling berinteraksi antar populasi, dan saling mempengaruhi. Ada populasi personalia, populasi produksi, populasi perawatan pabrik, populasi pemasaran, populasi logistik, populasi teknik informasi, populasi teknik industri, populasi pengurus serikat karyawan, dsb. 

Lalu bagaimana jika internet dianggap sebagai suatu kawasan, sebut saja kawasan dunia maya. Mari kita bahas.

Blog saya ini berjudul Komunitas Teknik Informatika. Lebih fokus para parameter adanya proses interaksi dan saling mempengaruhi dibanding adanya keharusan menempati satu kawasan yang sama. Menurut saya makna teknik informatika adalah sama atau identik dengan teknologi informasi. Dengan demikian keterlibatan brainware, hardware, dan software dianggap satu paket utuh. Maka pada implementasinya nanti, mereka yang memiliki spesifikasi sebagai brainware, ahli hardware, dan ahli software adalah termasuk pada komunitas ini. Komunitas yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi meskipun hanya bermodalkan internet dan fitur-fiturnya.

Pemberian judul Komunitas Teknik Informatika pada blog ini lebih kepada pengakuan bahwa saya adalah bagian dari Anda dan begitu juga sebaliknya. Dengan kata lain saya menempatkan diri sebagai bagian dari komunitas teknik informatika yang individu-individunya tersebar di seluruh dunia.

Para individu di komunitas teknik informatika dipersatukan oleh persamaan hobi dan profesi. Adapun sekat-sekat kawasan akan berhasil ditembus oleh semakin berkembangnya teknologi. Kualitas komunikasi jauh lebih mengedepan dibanding kuantitas pertemuan.

Selamat menembus batas!

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.