Cara Menghemat Penggunaan Ram Pada Windows Dan Browser Hingga 90%

Cara Menghemat Penggunaan Ram Pada Windows Dan Browser Hingga 90%, mungkinkah? Sebaiknya anda mencoba, dan setelahnya anda akan berkata, "Ternyata sangat mungkin ya!"

Baiklah, tanpa banyak basa-basi kita mulai.


Pada Windows


Pernahkah anda merasakan pc atau notebook sangat lambat padahal hanya sedikit aplikasi yang sedang digunakan?

Lalu pernahkah anda menemukan bahwa harddisk terus bekerja keras, ditandai oleh bunyi berdesing-desing atau malah berdesiran padahal anda tidak sedang menggunakannya, atau pc sedang stand by?

Selanjutnya ketika anda memeriksa di Task Manager maka nampaklah pemakaian RAM yang sangat tinggi sehingga hampir 100% resource-nya terpakai.

Bila semua itu terjadi, maka tidak salah lagi bahwa Windows Search sedang bekerja terus-menerus untuk mengindex file. Dan itu sebenarnya tidak begitu penting, dan bahkan hanya menghabiskan resoource RAM. Solusinya adalah : matikan!

Anda cukup klik Start >> Control Panel >> Administrative Tools >> Services >> Windoss Search.

Double Click pada Windows Search sehingga tampil menu seperti ini :



Pada Startup type pilih manual, dan pada Service Status pilih Stopped. Lalu klik Ok dan rasakan perbedaannya. Dan jika opsi Manual tersebut sesekali masih mengganggu, maka anda bisa memilih opsi Disable sekalian.



Pada Browser Secara Umum


Seorang programer Indonesia bernama M. Ridzky, ia berasal dari Palangkaraya, telah mengembangkan software untuk menghemat pemakaian ram. Penghematan tersebut adalah untuk beberapa browser populer seperti IE, Chrome, Firefox, Safari, Palemoon, dan Opera. Penghematan ram yang bisa dicapai berkisar di 50%. 



Softwarenya berukuran kurang dari 2mb dan dapat diinstalasikan serta disetting dengan sangat mudah.


1. Lakukan instalasi



2. Momo dalam keadaan Off



Momo setelah disetting sesuai kebutuhan.


Bagi yang tertarik menggunakan Momo, silahkan search untuk memperoleh file sumbernya.


Pada Google Chrome


Meskipun memiliki prosesor sekelas i7 terbaru, sebuah pc atau notebook tetap terancam hang disaat pemakaian ram-nya telah maksimum. Paging File-pun tentu saja tidak mampu membantu.

Di antara program yang rakus terhadap pemakaian ram adalah Google Chrome, terutama ketika dibuka dalam banyak windows (multi tasking). Gambar berikut menunjukkan betapa rakusnya ia.


Disaat aktif Google Chrome sedikit sekali menggunakan resource prosesor atau cpu tetapi justru amat banyak menita kapasitas ram, dan ini sebenarnya mudah diatasi oleh beberapa ekstensi Chrome.

Dari sekian banyak ekstensi yang menjanjikan penghematan ram, hanya ada dua yang menurut saya terbukti maksimal. Mereka adalah :

OneTab

Ekstensi yang satu ini menjanjikan penghematan ram hingga 95% dan ternyata benar. Setelah menggunakan OneTab, saat membuka Google Chrome secara multi tasking, ram pada pc saya bisa dihemat rata-rata 90%. Dan itu tentu saja sangat bagus!

Oh ya, kita perlu mencermati janji dari OneTab ini, ia menawarkan demikian : Save up to 95% memory and reduce tab clutter. Ini artinya penghematan maksimal yang mampu ia lakukan ialah hingga 95%, bukan pasti 95%.




TooManyTabs

Namanya kurang populer terdengar, dan terkesan negatif dalam konteks bahasa Inggris baku. Namun ekstensi ini memiliki fitur istimewa. Seberapa banyakpun anda membuka Google Chrome, maka tidak akan nampak penuh sesak. TooManyTabs akan menyusunnya dengan rapi.
















OneTab dan TooManyTabs bisa dipasang bersama-sama tanpa ada satupun yang mubazir. Silahkan anda mengunjungi halaman Chrome Extention untuk mengunduhnya.

Demikianlah salah-satu cara menghemat penggunaan ram.




IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

1 komentar:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.