Memahami Pengertian Dan Perbedaan Antara Website Dengan Blog

Memahami Pengertian Dan Perbedaan Antara Website Dengan Blog


Memahami istilah secara benar sesuai standarnya akan sangat terasa bermanfaat ketika kita berbicara pada tataran yang ketat dalam disiplin pengistilahan. Penyebutan istilah-istilah yang rancu atau salah-kaprah berpotensi menimbulkan kesalahpahaman yang tidak produktif. Sebagai contoh, ketika ramai-ramai para insan mengatakan tentang blog, maka sangat mungkin interpretasinya berbeda-beda. Ada yang mengidentikkan blog itu dengan Blogspot, ada yang dengan Blogger, ada yang dengan website, dsb. Interpretasi yang beragam inilah yang perlu distandarkan. 



Blog


Blog merupakan singkatan dari web log, adalah aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.  
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).
 Situs-situs web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog. (Sumber : Wikipedia Indonesia)

Website


Situs web (bahasa Inggris: website) adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama. Berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs Internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.
 Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer. (Sumber : Wikipedia Indonesia)

Jika demikian apakah perbedaan antara blog dan website? Kita ambil pengertian intinya.
  1. Blog merupakan singkatan dari web log, adalah aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.
  2. Situs web (bahasa Inggris: website) adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama.
Dari sana bisa diambil kesimpulan bahwa web-log adalah berkonotasi kepada konten sedangkan web-site berkonotasi kepada halaman tempat dimana konten diletakkan. Jadi fokus kita sebenarnya pada kata log dan site. Analogi yang termudah adalah bahwa blog itu tulisannya sedangkan website adalah kertas atau bukunya. 

Pada saat anda membaca sebuah buku, maka yang nampak adalah tulisannya, gambar-gambarnya, dan kertasnya. Maka itu pulalah yang mirip terjadi ketika anda sedang membuka sebuah blog. Anda melihat kontennya (log) sekaligus juga melihat halamannya (site atau situs).

Jika gabungan antara banyak konten dan banyak kertas disebut buku, maka disebut apakah gabungan antara banyak log dan banyak site? Secara umum gabungan keduanya adalah disebut WEB.

Jadi gampangnya begini :

Buku = sekumpulan kertas yang diberi konten.
Web = sekumpulan website yang diberi weblog.

Website itu ibarat kertasnya dan weblog itu ibarat kontennya (tulisan dan biasanya diberi gambar-gambar juga).

Jadi bila ada yang bertanya pada saya tentang apakah anda punya buku, maka akan saya jawab : Punya beberapa buah. Buku-buku saya berjudul bla... bla... bla.... Itu yang dibeli. Adapun buku-buku hasil karangan saya adalah bla... bla... bla...

Kemudian bila ada yang bertanya kepada saya tentang apakah saya memiliki web, maka akan saya jawab : Punya beberapa buah. Salah-satunya adalah bernama Sinara dan beralamat atau ber-url di http://www.sinara.co.id 

Fenomena Dunia Blogging

Karena blogger.com yang pertamakali memopulerkan blog diranah publik, dengan platform-nya yang disebut blogspot, maka istilah blogger dan blogspotlah yang diidentikkan dengan blog. Padahal bukan hanya blogspot yang bisa digunakan sebagai platform blog. CMS seperti Wordpress, Jommla, Drupal, dan sejenisnyapun sangat umum digunakan.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.