Etika Menerapkan Anti Copy Paste Pada Website Atau Blog


Dalam dunia ngeblog, rasanya kita memang dituntut untuk terus belajar dan belajar, jika bukan belajar di tingkat dasar ya di tingkat menengah, dan jika tidak di tingkat menengah ya di tingkat lanjut. Hal ini terjadi karena perkembangan dunia blogging sedemikian cepat. Nah, salah-satu sumber pembelajaran adalah blog orang lain yang kita kunjungi.

Sudah banyak blog yang tidak lagi saya kunjungi karena mereka menerapkan Anti Copy Paste atau Copy Paste Protection secara total pada blog atau website-nya. Saya pikir kurang berguna juga mengunjungi blog atau website mereka karena ada beberapa proses pembelajaran atau pekerjaan saya yang akhirnya tidak bisa dilakukan secara utuh.

Yang saya maksud dengan penerapan anti copy paste secara total adalah tidak ada satupun bagian dari artikel mereka yang bisa dicopas, bahkan yang semestinya diijinkan untuk di-copas. Dan itu sebenarnya hak mereka, di sisi lain hak saya juga untuk menghindari website atau blog semacam itu.

Banyak tutorial yang memiliki struktur sebagai berikut :

1. Uraian dari materi artikel,
2. Gambar-gambar pendukung atau bagian dari isi materi,
3. Script-script yang merupakan bagian dari isi materi.

Bila anti copas diterapkan pada uraian materi maka ini sungguh dapat dimaklumi, juga demikian halnya bila diterapkan pada gambar-gambar pendukung. Tetapi bila script-nyapun ikut diproteksi juga, maka lebih baik anda tidak membuat tutorial saja sekalian, bung! Terlebih bila script-script tersebut panjang dan banyak. Atau memang sengaja niat anda untuk ngerjain orang lain agar terlibat susah-payah mengetik script-script yang panjang dan banyak tersebut? Hehehe.

Melalui artikel ini saya hanya menghimbau kepada rekan-rekan blogger agar bisa memilih dan memilah mana bagian yang harus menerapkan anti copas dan mana yang tidak. Percayalah pada saya, bila anda menerapkan anti copas secara membabi-buta, maka orang lain akan enggan untuk berkunjung balik ke blog anda. Sebagus apapun isi blog tersebut.

Seperti paman Google berpesan, bahwa kita menulis artikel di blog, pada dasarnya bukanlah untuk menyenangkan search engine tapi untuk menyenangkan pembaca atau pengunjung. Dengan demikian adalah syah-syah saja apabila artikel-artikel kita dilindungi dari copas, tetapi tetap ada bagian-bagian yang harus dibebaskan agar pengunjung merasa senang. Dan salah-satu hal yang menyenangkan apabila lancar dalam mengikuti serta menerapkan tutorial-tutorial dari suatu blog atau website.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

4 comments: