Kegiatan Blogging Telah Mengalami Metamorfosa

Blogging


Dalam kemunculannya pertama kali, blog dipergunakan untuk menuliskan hal-hal yang bersifat personal, misalnya saja kegiatan harian. Dengan demikian banyak orang yang mengatakan bahwa blog itu adalah diary atau buku harian online. Kegiatan menulis pada blog itulah yang disebut blogging. Dan karena bisa dibaca oleh publik, maka isinyapun menyesuaikan. Seiring dengan waktu maka semuanya berubah karena perkembangan. Persis seperti apa yang terjadi pada proses metamorfosa.


Secara nyaris hitam-putih saya menulis artikel yang berjudul Perbedaan Antara Website Dan Blog. Lalu apakah memang bisa tegas seperti itu? Jawabannya adalah relatif, tergantung bagaimana kita memandangnya. Bila dipandang dari sisi fungsi, dengan menapikan media atau platform-nya, maka perbedaan antara website dengan blog akan selalu seperti apa yang dijelaskan pada artikel saya tersebut. Namun bila unsur media atau platform-nya ikut dipertimbangkan, maka semuanya tidak akan hitam putih lagi. Maka di sinilah apa yang saya maksud sebagai metamorfosa tampak.

Tinjauan Dari Sisi Fungsi Akan Selalu Tegas

Bila website didefinisikan untuk lembaga dan blog dipergunakan untuk personal, maka platform apapun yang dipergunakan tidak akan merubah definisi.

Bila kita ambil garis penegas yang jelas, bahwa website itu harus menggunakan self hosting, sedangkan blog harus menggunakan non self hosting, maka pndefinisiannya akan lebih tegas lagi terhadap perbedaan antara website dengan blog. Namun bagaimana jika kita bolak-balikkan, misalnya saja begini :

Si A membuat web menggunakan self hosting tetapi isi dari web tersebut melulu mengenai kepersonalan dirinya. Tidak sedikitpun ia memosting sesuatu yang bersifat output kelembagaan. Kemudian di lain pihak si B membuat blog yang ber-platform Blogspot. Lalu diisinyalah blog tersebut dengan bermacam-macam konten yang bersifat kelembagaan. Tidak sekalipun ia memosting sesuatu yang bersifat personal. Nah, dalam kasus ini kita jadi layak bertanya : Yang mana website dan yang mana blog?

Bila fungsi yang menjadi patokan, bukan media atau platform-nya, maka jawabannya adalah : Web milik si A adalah blog, sedangkan web milik si B adalah website. 


IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.