Cara Seting Modem Nokia 301 Dual Sim

Di jaman sekarang sudah lazim bila menemukan orang yang minimal memiliki dua buah ponsel. Satu ponsel adalah smartphone, umumnya ber-OS Android dan satu lagi ponsel konvensional dengan keypad yang bisa dioperasikan hanya dengan satu tangan.

Demikianlah, ternyata smartphone tidak menang telak terhadap ponsel konvensional. Pengoperasiannya yang membutuhkan dua tangan merupakan kelemahannya yang paling mendasar, selain tentunya problem terlalu cepatnya kehabisan daya baterai.

Jika berbicara fitur, tentu saja smartphone menang telak. Tetapi dari sisi kepraktisan tentu saja kalah jika urusannya hanya call dan sms-an.

Untuk ponsel konvensional penulis menggunakan Nokia 301 Dual Sim. Ponsel yang dirilis dua tahun yang lalu secara diam-diam oleh Nokia ini ternyata menghanyutkan. Selama ganti-berganti ponsel konvensional, sejak tahun 2000, menurut penulis Nokia 301 Dual Sim ini adalah yang terbaik. Harganya relatif murah, tahun 2014 sekitar Rp 700.000,- untuk kondisi baru, tetapi fiturnya lengkap. Dan di antara fitur yang penulis sukai adalah modem-nya.

Modem pada Nokia 301 Dual Sim ini belum menggunakan teknologi 4G memang, tetapi untuk kelas HSPDA sudah sangat mumpuni. Maksimal speed-nya adalah 7.2mbps. 

Okey, sekarang kita ke masalah seting model. Seting ini perlu dilakukan apabila setelah memasang simcard tidak otomatis terkoneksi ke internet.

Pastikan bahwa Nokia 301 Dual Sim terkoneksi sebagai modeem



Bila ponsel belum terdeteksi sebagai modem, silahkan anda mengunduh Nokia Connectifity Cable Driver.


Seting Dial Up Connection menggunakan kode *99# tanpa username dan password



Seting Konektivitas Ponsel

Masuk ke Menu >> Pengaturan >> Konektifitas >> Data Ponsel >> Jalur Akses >> Jalur Akses Aktif >> Klik Ok.

Untuk mempermudah penandaan, anda boleh mengedit nama Jalur akses 1, Jalur akses 2, dan yang lainnya. Ada 10 pilihan jalur akses di sana. Tapi masing-masing belum diseting bila dalam keadaan default.

Bila Jalur akses 1 dialokasikan untuk kartu sim produk Telkomsel, anda bisa mengeditnya dan memberi nama : Tsel-Unlimited

Selanjutnya pilih Ubah Jlr akses aktif, pada Jlr akses data ponsel isi dengan : internet.

Bila Jalur akses 2 dialokasikan untuk kartu sim produk Exelcumindo, anda bisa mengeditnya dan memberi nama : Xl-Unlimited

Selanjutnya pilih Ubah Jlr akses aktif, pada Jlr akses data ponsel isi dengan : xlunlimited.

Untuk kaartu sim dari provider lain bisa disesuaikan.

Bagaimana jika gagal koneksi?

Bila koneksi belum berhasil, coba saja melakukan setting pada pc atau notebook anda terlebih dahulu. Lakukan seting seperti ini :

Buka Dial-up Connection Properties >> Configure



Pada Modem Configuration lakukan seting seperti ini :


Bila tidak ada masalah lain, semestinya koneksi berhasil karena ini adalah seting model yang maksimal. Dan andaikata masih gagal, maka langkah terakhir adalah kembalikan ponsel anda pada default Setting atau Setelan Pabrik. Setelah itu ulangi langkah-langkah pada Seting Konektivitas Ponsel.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.