Mari Menyambut Accelerated Mobile Pages

Mungkin saya tidak akan pernah peduli pada implementasi Accelerated Mobile Pages (AMP) bila Google Webmaster Tools tidak memunculkannya di menu. Ia bisa diakses melalui menu Search Console > Dashboard > Tampilan Penelusuran > Laman Seluler yang Dipercepat.

Awalnya saya berasumsi bahwa penerapan AMP akan merubah sebagian besar tampilan template. Atau dengan kata lain seperti membuat template baru. Tetapi setelah secara bertahap diterapkan, asumsi tersebut tidak terbukti. Artinya saya tetap bisa menggunakan tampilan template sebelumnya.

Ada sedikit dampak terhadap kerapihan template yang menjadi agak acak-acakan. Namun itu terjadi pada bagian-bagian yang tidak terlalu nampak. Juga akan mudah untuk mengatasinya karena hanya menyangkut sedikit perubahan angka dan posisi dalam css-nya.

Asumsi lain adalah adanya rasa khawatir bahwa ini adalah proyek angin-anginan seperti yang terjadi pada pencanangan implementasi HTML5. Banyak yang susah payah melakukan validasi ini dan itu tapi ternyata gebyarnya tidak seberapa. Dan ternyata ada potensi bahwa nasib AMP tidak akan senaif HTML5. Dari hasil pantauan saya, beberapa situs yang mengawal proyek AMP selalu rutin melakukan update, termasuk addendum pada beberapa klausulnya.

Bagi rekan-rekan yang ingin bertransformasi menggunakan AMP, bisa merujuk pada situs-situs ini : Accelerated Mobile Pages Project dan Google Official Blog.

Demikianlah, dengan tetap menggunakan template lama sebagai dasar, kini situs Kontakmedia telah dinyatakan valid AMP oleh Google Developers. Tinggal menunggu beberapa hari untuk melihat hasilnya setelah robot Google menelusuri bagian demi bagian dari situs Kontakmedia ini.

Insya Allah dalam waktu dekat, sambil terus mengikuti perkembangannya, saya akan menuliskan tutorial demi tutorial yang terkait dengan implementasi AMP ini. Mungkin arahnya akan lebih ke berbagi pengalaman karena bila menyangkut teori atau panduan dasarnya telah sangat rinci dibahas oleh kedua situs rujukan di atas.

Lalu apakah akan ada dampak positif yang signifikan setelah saya menerapkan AMP ini, misalnya saja trafik organiknya jadi bejibun? Entahlah, karena kinerja suatu situs bukan hanya ditentukan oleh teknologi template semata-mata, tetapi juga banyak faktor lain yang mempengaruhi. Termasuk tentunya kualitas artikel.

Jadi Mari Menyambut Accelerated Mobile Pages.

Selanjutnya : Bertahap Menuju Accelerated Mobile Pages

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: