Prinsip Dasar Implementasi Accelerated Mobile Pages


Instant. Everywhere.

For many, reading on the mobile web is a slow, clunky and frustrating experience - but it doesn’t have to be that way. The Accelerated Mobile Pages (AMP) Project is an open source initiative that embodies the vision that publishers can create mobile optimized content once and have it load instantly everywhere.

Demikian pembuka kata yang disampaikan oleh situs https://www.ampproject.org.

Untuk mencapai itu tentu saja kita perlu memahami prinsip-prinsipnya terlebih dahulu.

Prinsip Pertama

AMP lebih ditujukan untuk percepatan akses situs yang dibuka melalui perangkat mobile. Bahwa dalam prakteknya juga ternyata berdampak positif terhadap kecepatan saat diakses oleh desktop, maka itu adalah efek samping positif.

Akan sangat baik dampaknya apabila anda juga melakukan image compression. Tutorialnya bisa diikuti pada postingan yang berjudul Cara Mengurangi Ukuran gambar Tanpa Mengurangi Kualitas.

Untuk uji performa, bisa menggunakan Google Page Insight dan GTMetrix.

Prinsip Kedua

Penerapan AMP bisa bersifat modifikasi ataupun membangun template dari awal. Bila cara yang diambil adalah modifikasi, maka tentu saja objeknya adalah template yang sedang digunakan atau template yang telah jadi sebelumnya.

Baik mengambil cara modifikasi ataupun membangun template baru, maka sangat disarankan untuk menggunakan dummy blog. Setelah jadi baru diterapkan pada blog utama.

Prinsip Ketiga

CSS dan javascript nampaknya menjadi sasaran utama untuk direstruktur pada implementasi AMP ini. Namun demikian arahnya lebih kepada penyederhanaan, bukan perubahan kode secara besar-besaran. Pada javascript teknisnya adalah meenerapkan async dan eksternalisasi. Keuntungan dari ini adalah ukuran template yang meramping.

Setiap javascript atau jquery internal bisa dipindahkan ke Google Drive atau layanan sejenis. Pada platform Blogger, css dan javascript untuk widget bisa dinonaktifkan.

Prinsip Keempat

Untuk Blogger nampaknya para perancang template harus bekerja sedikit keras. Berbagai panduan yang diberikan oleh pihak pengembang AMP ternyata tidak mudah begitu saja diterapkan pada Blogger.

Para pembaca, saat ini saya sedang menggunakan template Blogger yang menerapkan AMP HTML tapi nampaknya belum tuntas. Secara berkala bila ada perkembangan tentu saya akan menulis update-nya.



IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: