Ketika Indonesia Menjadi Salah-Satu Pusat Lalu Lintas Internet

Ketika Indonesia Menjadi Salah-Satu Pusat Lalu Lintas Internet

Ketika Indonesia Menjadi Salah-Satu Pusat Lalu Lintas Internet - Karena berlangsung secara evolusi, maka banyak pihak yang tidak sadar bahwa Indonesia telah menjadi salah satu pusat lalulintas internet.

Indonesia telah menjadi backbone traffic internasional, dan ini merupakan sebuah peluang sekaligus ancaman. Semuanya sangat tergantung pada sikap masyarakatnya.

Pada dasarnya itu adalah peluang yang dapat diibaratkan bahan makanan bergizi. Tetapi makanan tersebut dapat saja berubah menjadi racun bila salah dalam mengolah.

Ketika masyarakat tidak siap dan internet malah menjadi sumber bencana, maka biasanya yang akan dituding pertamakali adalah pihak asing sebagai dalangnya.

Sebagian pihak asing memang berbahaya karena siapapun manusianya tetaplah manusia. Mereka bisa menjadi ancaman bagi sesama. Hukum rimba akan terjadi.

Ada dua strategi umum yang bisa dilakukan untuk menghadapi ancaman bahaya ini. Dua strategi tersebut adalah cara manusia kuat dan cara manusia lemah.

Untuk manusia kuat maka sumber bahaya bisa dihadang, persis seperti perisai yang digunakan untuk menangkis pedang. Atau menggunakan aji kebal.

Bagi manusia lemah maka sumber bahaya sebaiknya dihindari. Persis ibarat sekelompok manusia yang lari atau bersembunyi ketika melihat gerombolan bersenjata.

Pertanyaannya, kita sebagai masyarakat apakah termasuk manusia kuat ataukah lemah?

Seringkali ada sinyalemen bahwa sebagian masyarakat kita, termasuk saya, sesungguhnya seperti anak balita. Senang bermain-main atau tertarik pada sesuatu tanpa paham apakah itu berbahaya atau tidak.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: