Menyajikan Berita dari Sumber yang Mudah dan Terpercaya

Menyajikan Berita dari Sumber yang Mudah dan Terpercaya

Prinsip utama yang berlaku umum adalah demikian :
Apapun yang berada di sekitar kita, bahkan hanya sebutir debu di atas meja, bisa dijadikan bahan untuk menulis. Baik dalam bentuk berita, opini, wacana, dan sebagainya.  Nanti tinggal bagaimana kita mengembangkan gagasan, mendalami materi, dan menyajikannya untuk segmen yang tepat.
Prinsip di atas tentu terasa bombastis, namun demikianlah adanya. Dan bila ingin lebih riil dan logis maka kita ganti saja kata 'debu' di atas dengan 'tayangan televisi'.

Benar, tayangan televisi bisa menjadi sumber atau bahan tulisan yang mudah didapat dan akurasinya relatif dapat dipercaya. Terutama untuk hal-hal yang bersifat fakta dan atau terukur. Lalu tayangan televisi seperti apa? Jawabannya adalah tayangan televisi apapun, termasuk siaran langsung sepakbola.

Beberapa bulan ini Kontakmedia mengalami peningkatan trafik yang cukup besar karena menyajikan tulisan-tulisan tentang persidangan Jessica Kumala Wongso. Dan sumber tulisan didapatkan dari tayangan televisi atau dari Youtube.

Selama tayangan televisi dan tayangan Youtube tersebut akurat, lalu kita menyimak serta menyajikannya secara akurat, maka berita, opini, atau wacana yang tersaji dalam bentuk tulisan juga akan akurat.

Ketika anda menonton pertandingan sepakbola, rata-rata dua jam jika pertandingan berjalan pada waktu normal, maka sesungguhnya anda sedang menonton sebuah peluang untuk jadi berita. Hal-hal yang perlu anda tuliskan sebagai bahan berita adalah :
  1. Tim mana saja yang bertanding,
  2. Dimana pertandingan tersebut berlangsung,
  3. Jam dan tanggal berapa kick off dimulai,
  4. Siapa wasit yang memimpin pertandingan (opsional),
  5. Ulasan umum jalannya pertandingan,
  6. Menit-menit atau momen-momen penting,
  7. Berapa skor akhir pertandingan,
  8. Susunan pemain (opsional).
Bayangkan, tayangan pertandingan sepakbola rutin disajikan oleh televisi. Itu artinya anda dapat secara rutin menulis berita tentang pertandingan tersebut.

Selesai pertandingan anda tinggal menulis beritanya dan mem-publish. Bahkan bagi yang memiliki keleluasaan, selama pertandingan berlangsung bisa saja sambil mengetik di pc atau notebook. Dengan demikian setelah selesai pertandingan maka berita bisa langsung dipublikasikan.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

2 komentar

Kalau sekarang untuk info blogger terkadang Judul kaga sesuai sama isi ya kan Mas,Judul beritanya Ayu Ting Ting Lagi Makan Bakso Keselek Bola Kasti..eehh isi artikel beritanyanya tentang Cara Bikin Martabak..hahaha..jadi kaga nyambung..hahaa

Hahaha, iya sob. Itu banyak terjadi. :D

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.